sakuratoto

22 Barang Rampasan KPK DiLelang Hari ini

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

22 Barang Rampasan KPK DiLelang Hari ini, Pelaksanaan Lelang Dilakukan Kemenkeu

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

22 Barang Rampasan KPK DiLelang Hari ini

IndoHarianRampasan KPK DiLelang, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yakni Febri Diansyah menyebutkan, pelaksanaan lelang barang hasil sitaan dilakukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama dengan KPK. Pelelangan akan digelar hari ini dengan jumlah 22 barang yang dilelang dari KPK.

Rampasan KPK DiLelang“Pelaksanaan lelang tersebut sebetulnya juga dilakukan oleh Kemenkeu, di sana ada PJKN dan KPKNL. Posisi KPK selesai pada proses eksekusi saat sudah berkekuatan hukum tetap,” tutur Febri.

Dikatakan Febri, ada sebuah aturan yang diatur di Kemenkeu apabila barang yang dilelang tak laku. Menurutnya, bila tak laku, barang tersebut akan dilelang kembali atau dilakukan proses yang lainnya.

“Seperti hibah atau juga yang sesuai mekanisme. KPK pernah bersama dengan Kemenkeu menghibahkan aset rampasan dalam kasus Nazaruddin pada saat itu ke ANRI yang ada di daerah Mampang. Ada yang di BPS juga. Jadi, mekanismenya memang melibatkan Kemenkeu,” ungkap dia.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Kronologi Pedangdut Cantik Tewas Hanya Gara-gara Ini
Viral!!! Video Mesum Cewek Palembang di Parkiran Kampus, Hampir Bugil
Dugaan Pelanggaran Prosedur Kepolisian, Bandar Narkoba Dilarang Ditembak Mati?

Febri juga sempat menjelaskan, jika suatu barang atau aset sudah berstatus barang rampasan, aset tersebut telah menjadi milik negara. Namun, penggunaan atau tindak lanjutnya yang berbeda. “Ada aset yang sudah jadi milik negara kemudian dihibahkan ke instans negara. Ada aset yang kemudian seperti itu mobil atau yang lain, yang dilelang, kemudian uangnya akan masuk ke aset negara,” ucap Febri.

Jadi, menurut Febri, sebetulnya aset yang di sita tersebut tetap dihitung sebagai pengembalian kerugian negara. Ia juga menyebutkan, bahwa ada 22 barang sitaan KPK yang bakal dilelang untuk hari ini. Barang-barang tersebut merupakan hasil sitaan dari kasus-kasus yang baru inkrach.

“Kita memang, sesudah inkrach itu, berkoordinasi lebih lanjut ke Kemenkeu. Saya kira relatif semua barang rampasan dari kasus yang sudah berkekuatan hukum tetap,” tutur dia.

Sebelumnya, KPK juga melalui perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) melakukan lelang terbuka barang rampasan hasil tindak pidana korupsi. ada sejumlah Puluhan mobil sitaan para koruptor seperti Djoko Susilo dan Fuad Amin itu bakal dilelang pada hari Jumat (22/9) di Ruang Cendrawasih, JCC Senayan, Jakarta Pusat. 22 Barang Rampasan KPK DiLelang Hari ini

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply