sakuratoto

Apakah Penghasilan PNS Naik Drastis?

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Penghasilan PNS Naik Drastis, BKN Sedang Membuat Kajian Terhadap Kenaikan Gaji Dan Penghasilan PNS

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video

Indoharian – Apakah Penghasilan PNS Naik Drastis?

 

Indoharian – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Sedang mengatur Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji PNS lama dan baru, Rancang Peraturan Pemerintah Pensiun dan Jaminan Hari Tua, untuk Pegawai Negeri Sipil. Penghasilan PNS Naik Drastis

Dalam Rancang Peraturan Pemerintah ini pemberian gaji kepada PNS ini akan dipastikan melalui daftar penghasilan yang dihasilkan negara.

Bagian dari daftar tersebut terbagi tiga, yakni daftar gaji, daftar tunjangan prestasi dari gaji, dan daftar kemahalan daerah, dengan mengambil daftar penghasilan negara ini sebagian besar PNS yang akan mengalami kenaikan pendapatan, tak hanya PNS yang bertugas di daerah, begitu juga PNS yang bertugas di pemerintah pusat.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman menerangkan, didalam pembahasan Rancangan Peraturan Pemerintah yang disebutkan kedalam berbagai asumsi penghasilan terhadap golongan PNS jika Rancangan Peraturan Pemerintah dinyatakan sah.

“Semua itu masih dalam proses simulasi dan juga pembahasan dan sampai sekarang pun kita masih lakukan pembahasan,” Ungkap Herman.

Dari semua data Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Gaji, Tunjangan serta Fasilitas PNS terbagi menjadi beberapa tingkat, untuk tingkatan Presiden, daftar penghasilan pejabat negara melebihi 96.000, dengan daftar tersebut, maka pendapatan presiden setiap bulannya mencapai Rp 553,4 Juta dan setara dengan RP 6,6 Milliar pertahun

Untuk tingkatan Wakil Presiden, daftar penghasilan pejabat negara itu adalah 64.000, dengan daftar tersebut, maka Wakil Presiden setiap bulannya RP 368,9 Juta.

Untuk tingkatan selanjutnya adalah penghasilan Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, Ketua MPR, DPR, DPD, KPK, BPK, MA dan MK dengan daftar penghasilan 16.000, maka setiap bulannya mereka menerima pendapatan RP 92,2 Juta setiap bulannya.

Untuk tingkatan Wakil Ketua MPR, DPR, DPD, KPK, BPK, MA dan MK memiliki daftar penghasilan 15.333 maka setiap bulannya mereka menerima pendapatan Rp 88,3 juta setiap bulannya.

Untuk tingkatan wakil menteri, Wakil Kapolri, Angota DPR, Aggota DPD, Aggota BPK dan Hakim Agung MA diperkirakan pendapatannya mencapai RP 80,7 Juta setiap bulannya.

Untuk Sistem penggajian ada 2 yakni gaji baru dan gaji lama

A. Gaji PNS lama (PP No. 7 Tahun 1977)

1. Perbandingan Gaji Pokok Pangkat Terendah (Gol. I.a) : Gaji Pokok Pangkat Tertinggi (Gol. IV.e) sesuai dengan amanat PP No. 7 Tahun 1977 yakni 1 : 10 (Rp 12.000 : Rp 120.000)

2. Dengan makin tingginya gaji pokok, maka penghasilan pensiunan akan bertambah, dikarenakan gaji pokok kita yang menetukan seberapa besar pendapatan pensiun pokok.

3. Perbandingan Gaji Pokok Pangkat Terendah (Gol. I.a) : Gaji Pokok Pangkat Tertinggi (Gol. IV.e) sesuai dengan amanat PP No. 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Lampiran PP No. 7 Tahun 1977 sangat rendah, yaitu 1 : 3,786 (Rp1.486.500 : Rp5.620.300)

4. Gaji Pokok tidak selalu dinaikkan setiap tahunnya, karena akan berdampak ke Manfaat Pensiun Pokok sehingga diberikan:

a. Tunjangan Jabatan (Jabatan Struktural, Jabatan Fungsional, dan Jabatan Fungsional Umum);

b. Tunjangan Kinerja (bervariasi antar instansi);

c. Tahun 2016 dan Tahun 2017 direncanakan akan diberikan Gaji ke-14 (dalam bentuk Tunjangan Hari Raya yang menggantikan kenaikan Gaji Pokok.

B. Gaji PNS Baru (PP No. 30 Tahun 2015)

1. Gaji adalah upah yang dibayarkan kepada para pekerja Sipil mau pun pekerja yang berada dipemerintahan yang sesuai dengan bebean kerja, tanggung jawab kerja dan risiko pekerjaan.

2. Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Gaji PNS, Tunjangan dan Fasilitas PNS yang meyiapkan daftar penghasilan yang terdiri dari berbagai menyajikan Tabel Indeks Penghasilan yang terdiri dari: Indeks Gaji, Perkiraan Tunjangan terhadap kinerja Gaji, dan daftar Kemahalan Daerah.

3. Perbandingan Daftar Gaji dengan Pangkat yang Terendah (JA-1, JF-1) : Indeks Gaji Pangkat Tertinggi (JPT-I) yaitu 1 :12,698. referensi: Gaji PNS Pemerintah Amerika Tahun 2015 1: 11,219 (US$ 17.800 : US$ 199.700)

3. Besaran Rupiah yang ditetapkan di dalam Peraturan Presiden tentang Pendapatan PNS.

Dengan peraturan tersebut, ada sejumlah larangan bagi PNS ataupun ASN untuk melakukan pungli, hal ini tertulis didalam pasal 33 Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Gaji PNS.

“Dengan ini diberitahu bahwa peraturan pemerintah ini, PNS dilarang melakukan kegiatan pungli atau menerima upah apa pun yang berasalah dari APBD, APBN dan badan usaha milik swasta.”

Jika PNS atau ASN ketahuan melakukan tindakan pungli maka akan di kembalikan ke kas negara.

Masih Dikaji

Kepala Subbagian Hubungan Media dan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka meyatakan, jika saat ini Direktorat Kompensasi Aparatur Sipil Negara telah memeriksa kajian internal untuk menyerahkan masukan kedalam Rancangan Pengaturan Pemerintah tentang Gaji PNS bahwa Penghasilan PNS Naik Drastis dan sangat berpotensi mengurangi pungli.

“Sifatnya kita melakukan pemeriksaan terhadap RPP,” ungkapnya. Penghasilan PNS Naik Drastis

Diah mengatakan bahwa hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan disampaikan kepada pihak instansi terkait, sebab untuk detail pemeriksaan nya kami belum bisa memberitahukan, lantaran akan disampaikan telebih dahulu ke instansi terkait.

“Kami akan melakukan pemeriksaan internal terlebih dahulu. Kami tak dapat mengeluarkan bisa mengeluarkan pemberitahuan lebih jauh lagi‎‎,” ucapnya Diah Eko.

Apabila proses Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Struktur Gaji Baru PNS ini belum sampai ke Kementerian Keuangan yang menjadi otoritas pemegang amggaran mengaku belum menerima RPP tersebut.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, menyatakan, dia tak mengetahui bahwa gaji presiden itu senilai RP 553 Juta setiap bulannya maupun para pejabat lainnya.

“Nilai tersebut tak ada hubungannya dengan Rancangan Peraturan Pemerintah dan juga saya tidak tahu juga seperti apa persisnya,” ucap Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan.

Askolani menerangkan bahwa RPP yang kini disusun oleh pemerintah saat ini adalah Rancangan Peraturan Pemerintah yang merupakan pemberian Tunjangan Hari Raya serta gaji PNS ke 13 dan juga pensiunan ke 13.

Direktur Harmonisasi Peraturan Penganggaran Ditjen Anggaran Kemenkeu, Made Arya Wijaya juga mengatakan hal yang sama.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Kenaikan Gaji TNI Dan Polri, Ini Yang Dikatakan Wakapolri..
Inilah Kajian Internal Terhadap RPP Gaji PNS Yang Dilakukan BKN
Inilah Wajah Baru Puteri Indonesia 2018
Contribusi March 10, 2018 ARTIS, ENTERTAINMENT, NEWS

 

“Kami di Kementerian Keuangan belum tahu tentang konse RPP, karena sampai dengat saat i ni masih dalam proses pembahasan dan belum disampai kan kepada para pimpinan. Apalagi terkait nominal yang belum dibahas sama sekali,” Made Arya Wijaya menjelaskan.

Terkait pernyataan Asman Abnur yang sebagai Menteri PANRB bahwa proses Rancangan Peraturan Pemerintah tentang struktur gaji PNS sudah selesai kini hanya tinggal diajukan ke Presiden, Arya menjelaskan bahwa itu kemungkinan hanya terjadi di lingkungan Kementerian PANRB.

“Apabila pak Menteri PANRB berkata sudah selesai, mungkin yang dimaksud dari kata selesai itu ada dilingkungan PANRB,” kata Made Arya Wijaya.

Kalau soal gaji presiden, Lina juga membandingkan gaji presiden di sejumlah negara misalnya di China, Presiden China XI Jin Ping memiliki gaji RP 300 Juta setiap bulannya.

“Dari perbandingan tersebut bisa disimpulkan soal besaran gaji para pimpinan yang ada disetiap negara itu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan di negaranya masing-masing,” kata Lina.

Kalau Soal gaji PNS di berbagai negara misalnya penghasilan tahunan PNS yang ada di Amerika Serikat yang mengatur penghasilan para PNS adalah The Ethics Reform Act yang dibangun sejak tahun 1989.

Didalam surat yang tertulis di daftar gaji PNS tahun 2015 terlihat jelas bahwa pimpinan Amerika Serikat itu memiliki penghasilan sebesar US$ 400 ribu per tahun atau setara dengan RP 5,5 Milliar setiap tahunnya.

Sementara wakil pimpinan yang berada dinegara Amerika tersebut mendapatkan penghasilan US$ 235 ribu pertahun atau setara dengan 3,23 Milliar setiap tahunnya.

Sementara Jaksa Agung pendapatannya mencapai US$ 258 ribu setiap tahunnya dan hakim sirkuit pendapatannya US$ 213 ribu per tahun.

Di berbagai tingkat senator, pimpinan senat berhak digaji US$ 193.

Untuk jabatan menteri, gaji mereka pertahunnya hanya sekitar US$ 203 ribu.

Wakil Direktorat Jen dan Irjen gaji per tahunnya adalah US$ 158 ribu. Di bawahnya ada direktur yang berhak akan penghasilan sebesar US$ 148 ribu.

PNS yang bekerja diamerika serikat yang mempunyai level senior eksekutif bisa memperoleh gaji dengan nilai US$121 sampai dengan US$ 183 ribu.

Sedangkan yang digolongkan untuk level terbawah digolongkan didalam 15 tingkatan untuk minimal misalnya PNS diamrekia serikat memiliki gaji US$ DollarSementara PNS yang berada di level bawah digolongkan ke dalam 15 tingkatan. Minimal, PNS di Amerika Serikat mendapat gaji US$ 18 ribu per tahun, sementara angka maksimal gaji yang bisa didapat adalah US$ 101 ribu.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia, Didi Supriyadi menututurkan bahwa saat para PNS mendapatkan pekerjaan, mendapatkan hidup yang lebih baik dan juga lebih baik mendapatkan penyesuaian gaji tunjangan dan hari hari lain.

Pemerintahan pusat tak akan pernah mencatat gaji honorer yang ada disekolah, sehinnga Ketidakjelasan status berdampak langsung pada penghasilan yang bisa dihasilkan terhadap para pekerja honorer.

Dan gaji para honorer juga masih sama hanyak cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari, tetapi Gaji seorang PNS bisa melebihi kehidupan sehari-hari akankah Penghasilan PNS Naik Drastis?

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply