sakuratoto

Banyak Artis Nyaleg, Mekanisme Demokrasi Internal Jalan Ditempat

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Perludem: Mekanisme Demokrasi Internal Jalan Ditempat Karena Banyaknya Artis Nyaleg

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

Indoharian – Banyak Artis Nyaleg, Mekanisme Demokrasi Internal Jalan Ditempat

 

Indoharian – Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (perludem) Fadli Ramadhanil memberikan tanggapan tentang banyaknya para artis yang maju di dalam Pemilu 2019 sebagai calon legislatif dan juga Mekanisme Demokrasi Internal.

Fadli menyampaikan bahwa dirinya tak begitu mempermasalahkan para artis yang ingin maju menjadi caleg.

“Saya tidak menolak ataupun mempermasalahkan para artis yang ingin maju menjadi caleg, ada olahragawan yang profesi lainnya jadi caleg., silah saja. Itu kan adalah hak politik warga negara selama memenuhi syarat yang sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang telah ada,” ujar Fadli.

Berdasarkan UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Fadli mengatakan jika partai politik harus melakukan selesksi dengan cara demokratis dan terbuka.

“Proses pencalonan legislatif tidak bisa sembarangan saja. Ada Mekanisme Demokrasi Internal partai yang harus di perhatikan, agar tugas partai politik bisa mewakkili di lembaga perwakilan. Itu bukan hal yang instan,”  tuturnya lagi.

Disisi lain, Fadli tidak menampik bahwa para artis memiliki beberapa faktor yang penting terhadap dalam mendulang suara saat pemilu nanti.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Sedang Viral Mengenai Trump Undang Putin ke Washington
Trump Tidak Senang Terhadap The Fed Karena Ini
Harga Tiket Asian Games Mahal! Permintaan Sandiaga Uno Bikin Terharu!

 

“Sebagai basis dalam mendulang suara tentu saja iya. Sistem pemilihan Indonesia di tentukan dengan surat suara, suara yang terbanyak, maka dia akan menjadi pemenangan, jadi para parpol mencari orang yang sudah di kenal olh publik sehingga bisa menjad vote gather kepada partai.” ungkapnya.

Meski demikian, Fadli juga menegaskan bahwa popularitas tak selalu sejalan dengan elektabilitas.

“para parpol harus sangat berhati – hati betul, masyarakat sudah meilhat bahwa proses pemilu tidak sesederhana itu saja. Tentu saja memiliki variable lain yang di nilai oleh masyarakat,” beber Fadli.

“Harus memiliki parimeter yang terukur, seperti seleksi demokratis dan terbuka sehingga penjaringan yang lebih fair. Demokrasi internal partai kita jalan di tempat,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya kembali ke Mekanisme Demokrasi Internal partai yang sekarang ini dinilai masih melemah, menurut Sekjen Nasdem, Jhony G Plate, pihaknya juga melihat dari kompetensi, hingga integritasi para calon.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply