Bawaslu Cari Penjaga TPS Sebanyak 1.258 Petugas

Bawaslu Cari Penjaga TPS Yang Netral Dan Juga Jujur

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner
IndoharianBawaslu Cari Penjaga TPS Sebanyak 1.258 Petugas

IndoharianBawaslu Cari Penjaga TPS Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo akan segera merekrut 1.258 petugas pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Proses rekrutmen akan segera berlangsung pada Februari-Maret 2019.

Koordinator Divisi Organisasi, SDM, Data, dan juga Informasi, Bawaslu Kulon Progo, Wagiman mengatakan peran dari Pengawas TPS ini sangat penting karena jadi ujung tombak dari pengawasan Pemilu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kulon Progo akan merekrut 1.258 petugas pengawas tempat pemungutan suara (TPS). Proses rekrutmen akan segera berlangsung pada Februari-Maret 2019.

Koordinator Divisi Organisasi, SDM, Data, dan Informasi, Bawaslu Kulon Progo, Wagiman juga mengatakan peran Pengawas TPS ini sangat penting karena jadi ujung tombak pengawasan Pemilu.

Terutama saat tahap pemungutan dan juga penghitungan suara. Pengawas yang tersedia hanya 1 orang tiap TPS dan harus terus mengawasi proses pemungutan dan juga proses penghitungan suara.

“Termasuk juga mengawasi seluruh 7 orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar bekerja dengan sesuai regulasi,” kata Wagiman Minggu 3 Februari 2019.

Pihaknya bersama dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat kecamatan memberi peluang kepada seluruh masyarakat dalam proses rekrutmen tersebut.Adapun syarat usia minimal adalah 25 tahun dengan pendidikan minimal SMA atau sederajat dan juga berdomisili di wilayah kerja masing-masing.

Pendaftaran dimulai pada tanggal 11 hingga 21 Februari 2019. Pengambilan dan juga pengembalian formulir pendaftaran akan dilaksanakan di kantor Panwaslu Kecamatan (kantor kecamatan) atau Panwaslu Desa masing-masing.

Jumlah anggota Pengawas TPS berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 yakni adalah sebanyak 1 orang per TPS. Adapun jumlah minimal pendaftar dalam pembentukan Pengawas TPS yakni adalah sebanyak 2 orang di setiap TPS.

Proses pembentukan Pengawas TPS ini akan segera dilakukan melalui 2 tahap seleksi yakni seleksi administrasi dan juga seleksi wawancara. Dalam proses pembentukan Pengawas TPS ini, masyarakat juga bisa memberikan masukan dan juga tanggapan terhadap calon anggota Pengawas TPS. Bawaslu Cari Penjaga TPS.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Santri Jombang Dukung Jokowi Target Sudah 90 Persen Jokowi Menang!
Dukungan Penuh! JK Kerahkan Relawan, Memastikan Jokowi Menang
Kekerasan! Hidung Pegawai KPK Retak, Dianiaya Saat Bertugas

Pelantikan Pengawas TPS akan dilaksanakan pada 25 Maret 2019. Wagiman juga mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pembinaan bagi Pengawas TPS agar betul-betul memahami regulasi maupun prosedur pemungutan dan juga penghitungan suara.

Setelah Pengawas TPS dilantik, Bawaslu Kulon Progo akan langsung menginstruksikan Panwaslu Kecamatan untuk segera melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek).

Hal ini agar Pengawas TPS tidak hanya memiliki integritas namun juga kredibilitas dan kemampuan yang baik untuk mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing.

Pada pengawasan Pemilihan Umum 2019 ini, Bawaslu Kabupaten Kulon Progo berharap agar nantinya anggota Pengawas TPS yang terpilih betul-betul orang yang kredibel, berintegritas, kompeten, dan mampu menjaga independensi dan netralitas.

“Hal ini bertujuan agar kegiatan pengawasan tahapan Pemilu 2019 di Kabupaten Kulon Progo berjalan lebih baik dari sebelumnya,” kata Wagiman. Bawaslu Cari Penjaga TPS.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *