banner 468x60

Begini Trik Membuat Roti Tetap Awet, Enak Dan Bebas Jamur

 NEWS
banner 468x60

Begini Caranya Membuat Roti Tetap Awet, Tetap Enak Dan Bebas Jamur

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Begini Trik Membuat Roti Tetap Awet, Enak Dan Bebas Jamur

 

Indoharian — Roti adalah salah satu makanan pokok bagi masyarakat dunia saat ini. Tapi tak jarang, karena porsi yg mengenyangkan, kita tidak bisa menghabiskan satu kemasan roti sekaligus. Namun ada beberapa trik yang bisa membuat roti tetap awet.

Roti yang berjenis basah pun membuat roti tsbt tidak bisa bertahan dlm waktu yang cukup lama.

Akibatnya, dlm waktu sekitar 2 hari setelah pembuatan, makanan tsbt pun kemudian berubah teksturnya menjadi sedikit keras, apabila roti disimpan lebih lama lagi, maka roti tsbt bisa saja ditumbuhi jamur.

Tetapi Anda tak perlu khawatir lagi. Soalnya, ada tips sederhana yg dapat membuat roti-roti yang basah menjadi lebih awet dan masih bisa di konsumsi utk beberapa hari.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Karyawan JICT Melakukan Demo, Hanya Karena Alasan Ini!
Mengapa Nidji Mengurangi Job Konsernya?? Ternyata Karena Hal Ini
Agus Dipasangkan Dengan Prabowo Untuk Pilpres 2019?? Begini Katanya

 

Dihimpun Indoharian.com dari laman Shanghaiist, berikut ini triknya membuat roti tetap awet:

1. Tidak boleh letak di suhu ruang
Hindari suhu ruangan utk menyimpan roti basah. Karena hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur.

2. Roti dimasukan kedalam kantung
Udara yg berlebihan bisa juga berpengaruh buruk pada kualitas roti. Maka itu, sebaiknya Anda menyimpan roti tersebut kedalam kantung plastik ataupun alumunium foil.

Jangan lupa juga, pastikan kantung & penutup tersebut kedap udara. Karena hal ini bisa mempertahankan kelembaban dari roti tsbt. Tidak boleh mengunakan kantung kertas untuk menyimpan roti. soalnya, kantung berbahan kertas tidak bisa menyimpan udara dan mempertahankan kelembaban roti tsbt.

3. Gunakan kotak roti
Kotak penyimpanan roti ini sangat penting utk menjaga kualitas makanan tsbt, karena barang tsbt memang di-desain khusus utk melindungi roti dari pengaruh udara atau suhu sekitar.

4. Simpan kedalam freezer
Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya, suhu ruang atau lebih tinggi tidak baik utk kualitas roti. Maka itu, Anda bisa menyiasatinya dgn menyimpan roti kedalam freezer.

Anda harus menyimpan di dalam ruang khusus utk es tsbt. Menyimpan roti dalam kulkas saja tidak cukup. Soalnya, kulkas dapat menyebabkan retrogradation alias proses yg menyebabkan senyawa dlm roti mengkristal sampai tekstur makanan tsbt menjadi keras.

5. Bagaimana jika menjadi keras?
Roti yg sudah bertekstur keras rupanya masih bisa dikonsumsi!

Ya, caranya pun sangat mudah, Anda pun tidak perlu repot dan khawatir.

Anda hanya membungkus roti tsbt dengan menggunakan kertas lalu menghangatkan dgn microwave sekitar 10 menit. Setelah itu, Anda juga bisa membakar ataupun mengoven roti sesuai dengan selera.

Selanjutnya, saat ingin memakannya, Anda juga bisa memotong bagian pinggir roti dan di bagian tengah roti akan tetap terasa lembut, dengan cara inilah yang membuat roti tetap awet.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply