Beginilah Kriteria Powerbank Di Pesawat Yang Boleh Di Bawa

International Air Transport Association (IATA) Telah Mengeluarkan Kriteria Powerbank Di Pesawat Yang Boleh Dibawa Kedalam Kabin Pesawat

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner
Indoharian – Beginilah Kriteria Powerbank Di Pesawat Yang Boleh Di Bawa

Indoharian – Di era gadget yang boros daya seperti sekarang ini, pengisi daya mandiri atau baterai portabel alias powerbank menjadi aksesori yang wajib dibawa kemana-mana, termasuk ketika bepergian dengan pesawat terbang dan tidak sembarangan powerbank yang boleh di pesawat untuk itu IATA menerapkan dan memilih Kriteria Powerbank Di Pesawat.

Mengenai hal tersebut, ada pembatasan Kriteria Powerbank Di Pesawat dari segi kapasitas. Aturan International Air Transport Association (IATA) menegaskan bahwa rating maksimal power bank yang dibolehkan masuk ke dalam kabin pesawat adalah sekitar 160 Wh (watt-hour).

Maskapai-maskapai di Indonesia juga menggunakan ketentuan dari IATA tersebut sebagai patokan. Ketentuan tersebut dipertegas Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan dalam sebuah keterangan tertulis tentang keselamatan penerbangan yang dipublikasikan pada awal Maret 2018 sebelumnya.

Dalam keterangannya tersebut telah di jelaskan bahwa powerbank dengan rating di bawah 100 Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin pesawat.

Sedangkan, powerbank dengan rating 100 Wh sampai dengan 160 Wh harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan.

Adapun powerbank dengan rating lebih dari 160 Wh yang sama sekali dilarang untuk dibawa dalam penerbangan, informasi tersebut di dapat dari situs Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, pada hari Kamis.

“Ada korek api dan power bank yang boleh dibawa dan ada pula yang tidak boleh. Jadi semua peraturan wajib dimengerti oleh semua petugas (keamanan bandara) dan juga masyarakat,” jelas Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso dalam keterangan.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Segera Hadir! Ini Wujud Dan Spek Redmi Go Dari XiaoMI
BOCORAN! Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy M20
Spesifikasi Luar Biasa Kamera Mirrorless Lumix S1 dan S1R

Bersamaan dengan korek api, alat bantu medis, dan sejumlah jenis barang lain, powerbank termasuk dalam salah satu kategori benda berbahaya yang dibolehkan untuk dibawa ke kabin pesawat (permitted dangerous goods), mengacu pada lampiran Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 80 Tahun 2017.

Namun, seperti diterangkan sebelumnya, terdapat juga kriteria dangerous goods yang boleh dibawa ke dalam kabin pesawat. Korek api bisa dibawa ke dalam pesawat dengan syarat melekat pada setiap orang (dibawa sendiri, bukan ditaruh di dalam tas, on person) dan tidak mengandung bahan bakar cair yang tidak terserap.

Sementara, powerbank yang diizinkan dibawa ke dalam kabin pesawat harus memiliki rating di bawah 160 Wh.

Meski ada pembatasan, para pemilik powerbank tidak perlu khawatir berlebihan saat ingin naik pesawat karena sebagian besar powerbank biasanya memiliki rating di bawah 100 Wh.

Kapasitas powerbank (daya tampung) biasanya dinyatakan dalam satuan miliampere-hour (mAh), yakni keluaran arus yang bisa diberikan selama satu jam. Durasinya tergantung besar arus yang diberikan. Powerbank 10.000 mAh bisa memberikan arus 10.000 mAh selama satu jam, atau 5.000 mAh selama dua jam.

Sementara, Wh adalah satuan yang menyatakan rating keluaran energi maksimal sebuah powerbank. Satuan Wh memudahkan komparasi rating energi antara tipe baterai yang banyak jeninya. Untuk mendapatkan satuan Wh ini, kalikan angka kapasitas dengan voltase baterai powerbank (bukan keluaran port USB).

Misalnya, powerbank berkapasitas 10.000 mAh tadi memiliki voltase baterai sebesar 3,85 Volt (V), maka rating energinya adalah 38.500 mWh (miliwatt-hour) atau sekitar 38,5 Wh).

Satuan Wh biasanya sudah dinyatakan di keterangan tertulis di bodi powerbank. Apabila belum, maka pengguna bisa menghitung sendiri dengan cara di atas.

Nah, itulah Kriteria Powerbank Di Pesawat dan cara menghitung mWh (miliwatt-hour) pada powerbank jadi kalian jangan takut untuk membawa powerbank ke dalam kabin pesawat.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *