banner 468x60

Cari Simpatik?? Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Pertama Kali Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Pertama Kali Jokowi Salat Id di Masjid Istiqlal

 

IndoHarian – Presiden Joko Widodo atau yang lebih di kenal dengan sapaan Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan bersalat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta. Ini adalah merupakan pertama kalinya Jokowi salat Id dan merayakan Idul Fitri di Ibu Kota. 2 tahun sebelumnya, Jokowi selalu Salat Id di luar Ibu Kota.

“Di Istiqlal,” sahut Jokowi, setelah menjenguk tokoh Jawa Barat Solihin GP di kediamannya di Jl Cisitu Indah, Bandung, Jawa Barat, pada hari Sabtu (24/6/2017).

Tahun sebelumnya, 2 kota yang dipilih Jokowi untuk merayakan Idul Fitri ialah Banda Aceh, Provinsi Aceh; dan Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Maka dari itu, pengamanan di Masjid Istiqlal lebih diperketat. Wakapolda Metro Jaya Brigjen Polisi Suntana menuturkan polisi melakukan sterilisasi dan menerapkan sistem keamanan usai dengan standar operasional yang berlaku.

“Ada sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur)-nya, kita akan sterilisasi. Teman – teman Brimob, kita akan membackup teman TNI utk mengamankan,” tutur Suntana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, pada hari Sabtu (24/6/2017).

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Edisi Spesial 1438 H Rizieq Lebaran DiSaudi
Suntana Menghimbau Masyarakat Tak Sholat Ied Di Pinggir Jalan
Keren!!! Nusron Ke Taipe Jadi Khatib Shalat Idul Fitri

 

Selain strerilisasi, polisi juga menyiapkan rekayasa pengalihan arus lalu lintas di seputar Masjid Istiqlal. Jumlah dari jemaah Salat Id di Masjid Istiqlal diperkirakan akan membeludak besok apalagi yang akan di hadiri oleh Jokowi salat Id disana.

“Pengalihan arus sifatnya situasional,” ucap Suntana.

Bukan hanya masjid, polisi juga fokus pada mengamankan sejumlah tempat wisata dan objek vital di Jakarta selama di Lebaran 2017. Sekitar dua ribu hingga tiga ribu personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan Ibu Kota.

“Densus juga diterjunkan, karena ancaman terorisme dapat terjadi kapan saja,” tandas Suntana.

Bantuan dari Gereja Katedral

Suntana menyambut baik dengan sikap pengurus Gereja Katedral yang menunda pelaksanaan misa mingguan. Mereka baru akan melaksanakan misa usai kegiatan salat Id di Masjid Istiqlal selesai.

Pihak gereja juga menyediakan lahan parkir untuk sejumlah jemaah yang hendak salat Id. Terlebih, jumlah jemaah diperkirakan akan membeludak karena kehadiran Jokowi salat Id. “Katedral yang biasa Misa pertama pada jam 06.00 WIB, jadi diundur jam 10.00 WIB, demi Idul Fitri. Ini jadi contoh yg baik untuk menghormati keberagaman di Indonesia,” tutur Suntana.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply