banner 468x60

Di Mars Terdapat Lubang Besar Misterius, Kata Ilmuwan..

 NEWS
banner 468x60

Para Ilmuawan Masih Penasaran Dengan Adanya Lubang Besar Di Mars

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Para Ilmuawan Masih Penasaran Dengan Adanya Lubang Besar Di Mars

 

IndoHarian – Baru – baru ini, Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) milik Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengirimkan sebuah gambar, digambar tersebut adanya lubang besar di Kutub Selatan Mars yang sampai sekarang belum dapat dijelaskan ilmuwan.

Jika dibandingkan dengan lubang – lubang di permukaan Mars yg lain, lubang besar tersebut lebih besar dan lebih dalam. Hal tersebut membuat para astronom mencoba mengungkap misteri asal – usul terbentuknya lubang tersebut.

Dilansir dari Science Alert, banyak hal bisa menyebabkan lubang di permukaan Mars yg berbatu. Lebih dari setengah juta dampak meteorit sudah meninggalkan kawah, robohnya tabung lava menciptakan lubang yang dalam, banjir kuno membuat jurang – jurang raksasa, dan aktivitas vulkanik mencairkan es yg meninggalkan bntuk corong di permukaannya.

Lubang besar yg diperkirakan seluas ratusan kaki dan berada di antara lelehan karbon dioksida itu, berada di permukaan berlubang yg dijuluki ‘Swiss-cheese terrain’.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
11 Alasan MUI Haramkan Medsos
HOT NEWS: Rizieq Shihab Fix Pulang Pada Tanggal 12 Juni, Begini Tanggapan Polisi
Sumpah Sedih Banget! Surat Wasiat Yang Menyedihkan Ditulis Oleh Pria di Jepara

 

“Pola tersebut terbentuk ketika terdapat materi yg tinggi dan halus pecah menjadi bentuk lingkaran ini dan membentuk medan seperti bagaikan ‘keju Swiss’,” tutur NASA.

“Lubang – lubang tersebut disebabkan oleh sublimasi, yaitu saat material padat berubah menjadi gas,” imbuh NASA.

Meski demikian, sampai saat ini ilmuwan belum bisa menyimpulkan penyebab terbentuknya lubang besar tersebut.

Kutub Selatan Mars yg sedang mengalami musim panas — lokasinya di mana lubang besar berada, membuat Matahari cukup rendah utk menonjolkan bayang – bayang di atas permukaannya sehingga memunculkan fitur – fitur yg tadinya tidak nampak.

Lubang besar tersebut ditemukan oleh High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada MRO. Kamera tersebut memungkinkan NASA melihat obyek Mars yg lebih besar dari 1 meter dari ketinggian 200 sampai 400 kilometer. HiRISE mengambil gambar permukaan Mars beberapa kali selama musim panas berlangsung utk memantau perubahan medan.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply