banner 468x60

Gatot: yang Pasti Dana INAPGOC Akan lebih Cepat Keluar Dari Usulan APBNP, Karena…

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Dana INAPGOC Mulai Ada Titik Terang

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Dana INAPGOC Mulai Ada Titik Terang

 

IndoHarian – Panitia Penyelenggara Asian Para Games (INAPGOC) 2018 sudah bisa segera bekerja. Kendala dana segera tuntas usai Direktur Jenderal Anggaran Askolani menyetujui pengalihan dari Olympic Center. Sebelumnya, INAPGOC 2018 belum dapat menjalankan tugas karena masih belum memiliki anggaran. Bahkan, di APBN 2017, Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) hanya merancang Rp 10 miliar sebagai commitment fee untuk dana INAPGOC.

Masalah tersebut dirundingkan dgn Komisi X DPR RI. Komisi X meminta Kemenpora utk segera berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan utk menyelesaikan persoalan Asian Games. Jika tidak, maka Kemenpora tak bisa mengusulkan APBNP.

Tidak sampai sehari, Dirjen Anggaran Askolani langsung menghubungi Sekretaris Menpora Gatot S. Dewa Broto. Mereka juga langsung mengatur pertemuan pada hari Selasa (30/5/2017). Dari hasil tersebut, disimpulkan jika permintaan INAPGOC sebesar Rp 86 miliar utk dana persiapan awal Asian Para Games 2018 akan dipenuhi.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Dulu Ngomong Paling Keras Anti Korupsi, Sekarang Terjerat Korupsi
Eggi Sudjana: Bandara Akan Runtuh Jika Polisi Jemput Paksa Rizieq Shihab!!!
Waduh! Massa Aksi Long March Alumni 212 Sudah Mulai Bergerak!

 

Dana INAPGOC itu semula hanya dariAPBN murni senilai Rp 10 miliar. Itu diperuntukkan membayar komitmen fee kepada APC, lalu tambahan lagi dari realokasi dana pembangunan Olympic Center sebesar Rp 20 miliar. Tapi hasil dari pertemuan kemarin dgn Dirjen, saya ungkapkan ke Oktohari (Ketua INAPGOC) bahwa dana senilai Rp 86 miliar yang mereka usulkan sebelumnya akan kami penuhi,” ucap Gatot di Kantor Kemenpora Senayan, pada hari Jumat (2/6/2017).

Dari mana sumber dananya, Gatot menyebut, akan menyisir dari anggaran pembangunan Olympic Center senilai Rp 465 miliar. “Jadi tambahannya Rp 66 miliar dari Rp 20 miliar yg awalnya kami usulkan. Ini telah pasti,” tuturnya.

Meski begitu, ungkap Gatot, tetap harus ada proses pengajuan yg jelas dari Kemenpora kepada Dirjen anggaran. Hal tersebut untuk menghindari penyelewengan penggunaan yg berujung korupsi.

“Jadi nanti usulan dari Kemenpora kepada Dirjen anggaran, nantinya sama Dirjen Anggaran akan tetap diminta reviewnya kepada BPKP. Jadi filternya apakah semuanya dapat dipenuhi untuk Rp 465 miliar, atau BPKP hanya mengatakan ini saja yg layak digunakan hanya senilai ini anggarannya misalnya. Supaya jgn sampai ada penyalahgunaan,” ujar dia.

Gatot enggan berspekulasi soal waktu pencairan dana INAPGOC, namun ia menyakini prosesnya bakal keluar lebih cepat dari usulan APBNP. “Saya tak mau menyebutkan kapan cairnya tapi yang pasti lebih cepat dari APBNP. Karena hingga saat ini, uangnya masih diblokir di pemerintah,” ucapnya.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply