banner 468x60

Hari Ini, Gempa Terbesar Meksiko Masuk Dalam Sejarah

 NEWS
banner 468x60

Gempa Terbesar Meksiko Mencapai 8 Skala Richter, Menewaskan 9 Orang

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Gempa Terbesar Meksiko Mencapai 8 Skala Richter, Menewaskan 9 Orang

 

IndoHarian – Sekitar 36 orang meninggal dunia akibat gempa terbesar Meksiko yang mencapai 8 Skala Richter. Gempa ini disebut gempa terkuat sepanjang delapan dekade terakhir di Meksiko.

Dilansir Reuters, pada hari Sabtu (9/9/2017), gempa ini sudah meruntuhkan sejumlah bangunan, memaksa evakuasi massal dan memicu peringatan sampai Asia Tenggara. Gempa delapan SR yang terjadi di kawasan lepas pantai ini lebih dahsyat dari gempa pada tahun 1985 yang meratakan Meksiko dan menewaskan ribuan orang.

Saat itu gempa bumi terjadi di kawasan pesisir, sekitar 200 mil dari Ibu Kota meksiko. Sementara gempa bumi kali ini terjadi 470 mil dari Ibu Kota.

Meski begitu, kali ini kerusakan akibat gempa tak separah dibanding gempa pada tahun 1985. Lantaran gempa terjadi lebih dalam dan lebih jauh dari pusat Ibu Kota.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Argo Hampir Putus Asa Dalam Kasus Penyerangan Penyidik Senior KPK
Washington Siap Jatuhkan Sanksi Ke Negara yang Melakukan Perdagangan Dengan Korut
Lucu!!! Ibu Iriana Gelisah Dalam Acara Temu Kangen Jokowi Di Singapure

 

Imbas gempa paling parah terjadi di kota Juchitan yg berada di Negara Bagian Oaxaca. Pasalnya kota ini cukup dekat dengan pusat gempa bumi.

“Situasi di Juchitan begitu genting, gempa ini adalah momen paling mengerikan sepanjang sejarah kami,” ucap Wali Kota Juchitan Gloria Sanchez.

Gempa terbesar Meksiko ini juga terasa hingga Guatemala dan El Salvador yg berada dekat Juchitan. Warga terlihat sangat shock dan berjalan di antara reruntuhan puing bangunan dan sebuah dealer Volkswagen juga ikut rata dengan tanah.

“Lihatlah yang terjadi pada rumah saya. Hal itu begitu mengerikan, rumahku runtuh,” ucap Maria Magdalena Lopez sambil berlinang air mata.

Juru bicara layanan darurat menyebut sembilan orang tewas di Negara Bagian Chiapas yang terletak di sebelah timur Oaxaca. Sementara ribuan manusia di kawasan pesisir sudah dievakuasi untuk mengantisipasi ancaman tsunami.

Pusat Peringatan Tsunami Meksiko menuturkan ancaman tsunami sudah berlalu. Meski begitu dilaporkan terjadi gelombang laut setinggi 2,3 kaki atau 0,7 meter.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, mencatat gempa bumi ini berpusat di perairan Pasifik, persisnya di lokasi yang berjarak 87 kilometer dari kota Pijijiapan, Chiapas. Pusat gempa terbesar Meksiko dilaporkan berada di kedalaman 68 kilometer dari permukaan laut, sebelumnya dilaporkan 33 kilometer.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply