banner 468x60

Ingin Miliki Kendaraan DP Nol Persen, Ini Persyaratannya

 MOBIL, MOTOR, OTOMOTIF
banner 468x60

DP Nol Persen Bisa Diterapkan Bila Miliki Fixed Income dan Catatan Bank yang Bagus

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

DP Nol Persen Bisa Diterapkan Bila Miliki Fixed Income dan Catatan Bank yang Bagus

 

IndoHarian – Salah satu alasan konsumen membeli kendaraan roda empat (mobil) atau kendaraan roda dua (sepeda motor) yaitu terpengaruh dengan program yang telah ditawarkan, termasuk skema kredit berupa uang muka alias down payment (DP) rendah.Namun tidak sekadar DP murah, di tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sempat menyampaikan wacana supaya DP kembali diturunkan dari 15-20 persen menjadi DP nol persen.

Kendati begitu, wacana DP kendaraan nol persen pun sampai kini belum terealisasi. Hanya saja, sejumlah leasing memberikan DP jauh lebih murah dengan cara mencicil uang muka terlebih dahulu.

Menanggapi hal itu, Vice President Director Bussan Auto Finance (BAF), Lynn Ramli menuturkan, jika wacana DP nol persen diterapkan, maka hal tersebut hanya akan sedikit meringankan para konsumen.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Hobi Bawa Motor Keluar Kota, Tapi Males Mengemudi Perjalanan Jauh, Ini Solusinya
Dampak yang Luar Biasa Penurunan Pelanggar Lalu Lintas, Dengan Adanya Bantuan CCTV
Utamakan Keselamatan, Honda Keluarkan Airbag Sepeda Motor

“Mungkin tak 100 persen akan terjadi, kalau semua boleh nol persen, mungkin hanya beberapa segmen tertentu, seperti yang hanya memiliki fixed income atau pemasukan tetap, karena sudah banyak pengalaman kerja beberapa tahun,” tutur Lynn di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Jumat (29/9).

Lebih lanjut dia menyebutkan, untuk mendapatkan DP hingga nol persen tidaklah mudah, sebab ada berbagai persyaratan yang cukup ketat lainnya, termasuk catatan dari Bank Indonesia perihal data SID (sistem informasi debitur).

“Dengan sistem informasi debitur di dalamnya telah ada informasi -informasi, di mana satu individu dan lainnya ini terlihat memiliki cicilan di mana saja, atau berapa, semua itu akan terlihat,” katanya

Kendati begitu, Lynn tidak menampik, baik DP nol persen maupun DP rendah sama- sama memiliki risiko.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply