sakuratoto

Inilah Beberapa Makanan Yang Dapat Mengatasi Diare Dengan Cepat

 KESEHATAN
Alternatif Link Ligaasiapoker

Beberapa Makanan Inilah Yang Bisa Mengatasi Diare Dengan Cepat

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Inilah Beberapa Makanan Yang Dapat Mengatasi Diare Dengan Cepat

 

Indoharian — Telah diketahui diare adalah gangguan pada pencernaan, maka erat kaitannya dgn makanan yg kita konsumsi. Namun ada makanan yg bisa menyebabkan diare menjadi lebih parah, disisi lain ada makanan yg dapat mengatasi diare dengan cepat.

Makanan yang cocok utk penderita diare yaitu yg memiliki sifat yang mudah dicerna, memiliki efek yang mengentalkan feses, dan memenuhi kebutuhan cairan. Sedangkan makanan tidak boleh dimakan saat diare yaitu yg bersifat susah dicerna, membuang cairan tubuh, dan juga mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperburuk diare.

Mari kita mulai dgn makanan anjuran utk penderita diare yg terbukti efektif membantu meringankan dan juga memulihkannya, berikut ini beberapa makanan yg baik dikonsumsi bagi orang penderita diare:

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
SAH!!! Deddy Mizwar Resmi Jadi Kader Gerindra
Fahri Hamzah Memimpin Upacara HUT RI di Kompleks Parlemen, Ini Yang Disampaikannya
Novel Menjalani Operasi Besar di Singapore Hari Ini, Ketua KPK: Semoga Berjalan Lancar

 

1. Bubur, biskuit atau roti panggang
Makanan seperti bubur, biskuit atau roti panggang sangat disarankan lantaran lebih mudah dicerna dan juga lembut sehingga membuat lambung tak perlu bekerja keras utk menyerapnya.

2. Buah Pisang dan Apel
Buah pisang dapat menjadi makanan alternatif lantaran pisang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan memberikan cadangan energi yg bisa dgn cepat diolah oleh tubuh. Selain itu kita juga bisa mengkonsumsi apel yg diparut lantaran apel mengandung pektin. Maka maka tsbt dapat mengatasi diare dengan cepat.

Pektin ialah senyawa polisakarida yg dapat larut dalam air dan berbentuk cairan kental yg bernama mucilage/mucilagines dan berfungsi untuk melapisi dinding usus.

3. Yogurt
Yogurt adalah makanan turunan dari produk susu, tapi baik utk penderita diare lantaran yogurt mengandung bakteri baik yg akan membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Tetapi saat-saat awal mengalami diare sebaiknya jangan mengkonsumsi yogurt karna makanan ini cukup asam.

4. Cairan mengandung elektrolit
pada saat diare, masalah yg paling krusial ialah tubuh kita kehilangan banyak cairan dan bisa menyebabkan dehidrasi. Maka itu disarankan utk minum cairan yg mengandung elektrolit atau kaldu.

Dalam mencegah diare dan penyebarannya, sebaiknya ada beberapa hal yang harus dilakukan: Yang pertama, cuci sayuran dan buah-buahan sebersih mungkin sebelum Anda masak atau konsumsi.

Yang kedua, hanya minum air yg sudah dimasak. Yang ketiga, mencuci tangan dgn sabun sesudah buang air dan sebelum makanan. Dan yang terakhir, pisahkan makanan mentah dan makanan matang yg terdapat di kulkas dan harus membungkusnya dengan rapat supaya bakteri tdk menyebar. Inilah beberapa cara makanan yang dapat mengatasi diare dengan cepat.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply