sakuratoto

Inilah Cawapres Pendamping Jokowi DiPemilu 2019

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Inilah Cawapres Pendamping Jokowi DiPemilu 2019

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Inilah Cawapres Pendamping Jokowi DiPemilu 2019

IndoHarian – Presiden Jokowi resmi sah diusung oleh partai PDI-P sebagai seorang capres di Pemilu 2019 dalam rapat kerja nasional (Rakernas) ketiga di Grand Inna Beach, Sanur, Bali, hari Jumat (23/2/2018).Namun, PDI-P hingga saat ini belum memutuskan sosok Cawapres Pendamping Jokowi . Dengan demikian, mengemukalah pertanyaan siapa yang bakal segera menjadi cawapres mantan Gubernur DKI itu.

Daftar cawapres bertambah seiring diusulkannya nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto sebagai seorang pendamping Presiden Jokowi di Pemilu 2019.

Nama Wiranto diusulkan sebagai Cawapres Pendamping Jokowi oleh Ketua Umum Partai Hanura yakni Oesman Sapta Odang dalam pidatonya di acara syukuran partai di kediamannya di Kuningan,daerah Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Dengan demikian, sudah ada dua prang petinggi partai politik yang dideklarasikan sebagai cawapres yakni Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan juga Wiranto selaku Ketua Dewan Pembina Hanura.

Namun ada pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang dideklarasikan sebagai salah seorang calon pemimpin nasional pada rapat kerja nasional PAN 2017 lalu. Dengan demikian secara tidak langsung Zul, sapaannya, juga sudah dideklarasikan sebagai capres atau cawapres.

Demikian juga Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang disebut-sebut akan diusung sebagai seorang cawapres oleh partai berlambang ka’bah itu, mulai terlihat fotonya terpampang di sejumlah reklame.
Nama-nama tersebut juga sering sekali masuk dalam beberapa survei. Dalam survei Poltracking Indonesia, keempatnya juga tercantum meski elektabilitasnya tak tinggi.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Terkait Kepulangan Rizieq 21 Februari 2018 Begini Tanggapan MUI
Dengar Masukkan Guru Besar, Rizieq Batal Pulang
Tutup Jalan Jatibaru, Anies Dipenjarakan

 

Dalam rilis survei poltracking 27 Januari-3 bulan Februari lalu, khususnya pada pertanyaan semi terbuka, Muhaimin, Wiranto, Zulkifli, juga Romi, masuk dalam daftar cawapres.

cuma , elektabilitas mereka belum ada yang mencapai dua digit. yakni Muhaimin menempati posisi pertama (5,2 persen), selanjutnya diikuti oleh Wiranto (2,1 persen), Zulkifli (0,5 persen), Romi (0,1 persen).

Selain dari itu, dua nama lain yang juga muncul yakni adalah putra sulung Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti (7,6 persen), mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo (7,9 persen), juga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (7,5 persen).

Dalam beberapa survei lainnya, ketiga nama tersebut kerap muncul dan bersaing ketat untuk menjadi cawapres di Pemilu 2019. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari menilai pertarungan di bursa cawapres Jokowi bakal sangat dinamis.

Ia mengatakan sekrang ini memang bermunculan bermacam analisa terkait pendamping Jokowi. Ia mengungkapkan setidaknya ada enam latar belakang sebagai kriteria cawapres yang dipertimbangkan buat mendampingi Jokowi yakni elektabilitas yg tinggi, kedekatan dengan Islam, militer, muda, kewilayahan, dan juga kemampuan dalam pengelolaan ekonomi.

Hal tersebut merujuk pada kekurangan Jokowi yang dipersepsikan kurang dekat dengan kalangan muslim. Dalam suvei Indo Barometer di akhir Januari, soal persepsi kedekatan dengan kalangan muslim, Jokowi masih kalah dari sosok Prabowo.

Sementara dari itu, cawapres dari kalangan militer dinilai amat dibutuhkan untuk menjalin relasi dengan gerbong tentara lantaran memiliki sebuah pengaruh besar dalam perpolitikan Indonesia. Sedangkan cawapres muda dibutuhkan buat menarik para pemilih muda yang mencapai 39 persen dalam Pemilu 2019. Inilah Cawapres Pendamping Jokowi DiPemilu 2019

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply