sakuratoto

Isi Dari Lima Maklumat Pekerja Di Istana Kepresidenan!!

 NEWS
Iklan Ads

Lima Maklumat Pekerja Yang Telah Dibacakan Oleh Rieke Diah Pitaloka Di Kompleks Istana Kepresidenan Republik Indonesia

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – Isi Dari Lima Maklumat Pekerja Di Istana Kepresidenan!!

 

IndoHarian – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dibarengi oleh Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo menerima para buruh di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan Republik Indonesia untuk menyatakan lima maklumat pekerja.

Mereka mewakili dari berbagai elemen, dari organisasi buruh, dan juga pekerja yang tengah merayakan Hari Buruh atau May Day 1 Mei 2018 hari ini.

Pada pertemuan pertama di pagi hari, di hadapan Hanif dan Eko Sulistyo yang tengah menerima mereka, perwakilan para buruh yang dipimpin oleh Ketua Umum Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia (KRPI) yaitu Rieke Diah Pitaloka dengan  tegas membacakan lima pengumuman pekerja guna untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

“Pertama, mendesak terbentuknya badan riset nasional tentang cetak biru industri di Indonesia. Kedua, mewujudkan upah yang selayaknya dan perlindungan juga terhadap tenaga kerja,” ucap Rieke di lokasi, pada hari Selasa (1/5/2018).

Ketiga, sambungnya, meminta agar Menaker Hanif untuk memperketat dalam pembuatan aturan tentang tenaga kerja asing. Juga yang keempat, ucap Rieke, menurunkan komite pengawas tenaga kerja.

” dan yang terakhir yaitu yang Kelima, mengangkat para tenaga honorer yang telah bekerja bertahun-tahun sebagai pegawai negeri sipil,” ujarnya.

Rieke juga menyebutkan bahwa para buruh juga memberi arahan kepada Presiden Jokowi untuk menyelamatkan aset dari negara dan mengelola BUMN sesuai dengan arahan konstitusi, yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Lima maklumat pekerja itu tertuang dalam selembar kertas tersebut kemudian diserahkan Rieke kepada Menaker untuk diteruskan kepada Presiden.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Aksi Buruh Indonesia Berunsur Politik ? Benarkah?
Ini dia Sejarah Mayday dunia Yang Sebenarnya!
Aksi Mulia Buruh Tengah Dilakukan Dalam Demonstrasi!

 

Menaker Hanif Dhakiri juga merespons mandat itu. Dia menerima mandat yang diinginkan oleh para buruh.

“Terima kasih kepada para pekerja atas partisipasinya dalam pembangunan nasional ini. Kami bakal meneruskannya kepada Presiden,” terang Hanif.

Ia menambahkan, pihaknya juga berencana untuk membentuk satuan tugas yang bertanggung jawab untuk mengawasi penggunaan tenaga kerja asing di wilayah Republik Indonesia.

Serikat buruh yang turut serta dalam aksi hari ini diantaranya yaitu Gabungan Serikat Pekerja Manufaktur Independen Indonesia (GSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Federasi Serikat Pekerja Aneka Sektor Indonesia (FSPASI), dan juga Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI).

Ada juga Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK), pegawai dari PT Pos Indonesia, komunitas pekerja transportasi daring, dan organisasi pekerja media.

Berbagai organisasi dan kelompok pekerja hari ini tengah merayakan Hari Buruh di sekitar Lapangan Monumen Nasional dan jalan-jalan seputar Istana Kepresidenan.

Puluhan ribu buruh berkumpul di kawasan itu. Setelah dari sana, mereka para buruh akan menuju ke Senayan, Jakarta Pusat. Karena lima maklumat pekerja telah selesai di bacakan kepada Presiden.

totokita3

Related Posts

Leave a Reply