sakuratoto

Jangan Gunakan Alkohol Membersihkan Luka, Ini Penjelasannya!

 KESEHATAN, NEWS
Iklan Ads

Berbahaya! Jangan Pergunakan Alkohol Membersihkan Luka Lebih Baik Bersihkan Dengan Air

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

Indoharian – Jangan Gunakan Alkohol Membersihkan Luka, Ini Penjelasannya!

 

Indoharian – Alkohol biasanya jadi andalan untuk membersihkan luka di sebelum ditangani lebih lanjut, diplester atau diberi obat. Sudah benarkah memakai alkohol membersihkan luka?

Membersihkan luka sebelum ditangai lebih lanjut memang harus dilakukan, ucap dokter spesialis luka bersetifikasi pertama dan juga satu-satunya di Indonesia, Adu Saputra Ramadhinara. Karena, benda-benda asing dan juga kotoran yang masih menempel di luka justru berisiko menimbulkan infeksi.

“kalau terjadi luka, peluang muncul bakteri besar. Tahap pertama, bersihkan dengan baik. disarankan pakai cairan pembersih luka dengan kandungan antiseptik aman untuk kulit,” kata Adi di peluncuran Hansaplast Spray Antiseptik di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Meski biasa dipakai sebagai disinfektan untuk membersihkan peralatan medis agar streril, sangat tidak di rekomendasikan untuk alkohol membersihkan luka.

Pembersih luka adalah remomendasikan adalah obat yang mengandung Polyhexanide (PHMB), zat antiseptik yang efektif dalam mengatasi infeksi dan tidak perih sehingga aman bagi kulit.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Cara Kunyit Membunuh Sel Kanker Ini Sudah Terbukti
BAHAYA! Kosmetik Sebabkan Kanker Payudara Karena Ada Hal Ini
Penyakit Cacar Monyet Langka ‘Menyerang’ Warga Inggris!

 

Kandungan PHMB secara alami tidak mengiritasi, tidak ada sensasi perih. Zat antiseptik tersebut memang lazim dipakai di dunia medis untuk mengobati pasien.

Obat pembersih luka yang mengandung PHMB tidak berbau atau meninggalkan noda sehingga memudahkannya dalam menangani pasien karena keadaan luka sebenarnya tidak tertutupi bekas cairan pembersih.

Bila seseorang terluka saat sedang di rumah di mana tidak ada peralatan medis yang lengkap, lebih baik bersihkan dengan air ketimbang alkohol.

“Air steril itu artinya sudah lewat proses sterilisasi. Bisa air siap minum kemasan atau air yang sudah direbus. Bukan air keran yang masih banyak kumannya,” akhir Dr Jaka.

Paling optimal dengan pembersih khusus, tapi minimal cuci dengan air, setidaknya untuk membuang kotoran dan benda asing, jangan menggunakan alkohol membersihkan luka.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply