banner 468x60

Jerih Payah Djarot Tak Sia-sia, Selangkah Lagi Masuk Pantai Ancol Gratis

 NEWS, POLITIK, WISATA
banner 468x60

Akan Uji Coba 6 Bulan Masuk Pantai Ancol Gratis, Berkat Jerih Payah Djarot

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Akan Uji Coba 6 Bulan Masuk Pantai Ancol Gratis, Berkat Jerih Payah Djarot

 

IndoHarian – Masuk Pantai Ancol gratis tinggal menghitung hari. Kebijakan tersebut menghapus tarif berbayar hanya untuk menikmati desiran angin pantai Jakarta yang sudah diterapkan puluhan tahun.

Saat ini, masuk Pantai Ancol dikenakan tiket masuk Rp 25.000 per orang. Sedangkan parkir dikenakan biaya senilai Rp 25 ribu per kendaraan dan sepeda motor dikenakan Rp 15 ribu per kendaraan. Sebagai contoh, bila satu keluarga yang berisi ayah, ibu dan 1 anak menggunakan sepeda motor, maka minimal dia harus membayar sebesar Rp 90 ribu. Mahal atau murah?

Berikut perjalanan menuju tarif gratis masuk Pantai Ancol yang dirangkum Indoharian.com, Rabu (4/10/2017):

Tahun 1960
Presiden Soekarno bermimpi penduduk Jakarta memiliki pantai yang nyaman.

“Bukan untuk satu atau dua tahun ke depan, tapi 50 hingga 100 tahun ke depan. Bagaimana kamu bisa memberikan tempat yang dapat membahagiakan rakyat Jakarta supaya penduduknya menikmati hawa segar laut, bisa melihat cerianya anak-anak bermain di pantai, ditingkahi terpaan ombak, dan tiupan angin yang semilir,” ucap Soekarno kepada Gubernur Soemarno.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Insiden Penembakan Brutal di Kasino Mandalay Bay Begitu Mengerikan!
Aher Sebut Pariwisata Menjadi Andalan Perekonomian Indonesia
Lagi-lagi Penemuan Tiga Ekor Bangkai Hiu Paus di Perairan NTT

23 Desember 1960
Soekarno mengeluarkan PP No. 51 Tahun 1960 tentang Peruntukan dan Penggunaan Ancol.

Tahun 1964-1967
Pembangunan Pantai Ancol mulai terkendala finansial. Akhirnya PT Pembangunan Jaya mulai masuk ikut membangun dengan sejumlah kompensasi.

Tahun 1974
Pantai Ancol dibuka untuk umum. Semenjak itu, penduduk Jakarta yang mau berenang di pantai atau sekedar menikmati angin sepoi-sepoi harus membayar tiket ke pengelola.

Tahun 2012
Tiga warga Jakarta Ahmad Taufik, Abdul Malik Damrah, dan Bina Bektiati menggugat pengelola untuk mau menggratiskan masuk Pantai Ancol. Alih-alih mendapat tanggapan bagus, ketiga warga tersebut malah digugat balik oleh pengelola senilai Rp 1,5 miliar.

26 Februari 2013
Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) menolak dengan tegas gugatan tiga warga tersebut.

28 Agustus 2017
Mendagri Tjahjo Kumolo meminta Pantai Ancol gratis, tanpa dipungut biaya apapun.

“Kami ingin banyak area publik di DKI ini dapat bebas. Masak hanya di Kalijodo saja? Harusnya masuk Pantai Ancol bebas, masak mau mandi di pantai harus bayar?” ujar Tjahjo.

3 Oktober 2017
Gubernur rapat dengan BUMD dan hasilnya Pantai Ancol akan diuji coba gratis sejak tanggal 14 Oktober 2017.

“Ini ada direksi Ancol, saya bilang dikaji betul-betul kebijakan kita membebaskan pengunjung Ancol. Saya minta 14 Oktober uji coba dimulai. Gratis untuk orang yang masuk, tapi kendaraan tarif parkirnya progresif,” ucap Djarot.

Djarot menuturkan, meski masuk kawasan pantai Ancol dibebaskan, nantinya pengunjung akan dikenai biaya jika masuk ke dalam wahana. Djarot pun meminta pengelola menyiapkan uji coba pengamanan di area Ancol.

“Kalau dia masuk ke wahana baru wajib bayar, uji coba selama 6 bulan. Uji coba itu sistem pengamanannya, dan ini pukul 21.00 WIB harus sudah tutup, jadi pengunjung yang masuk sana meski pukul 20.00 WIB itu pukul 21.00 WIB harus sudah keluar,” jelas Djarot membahas mengenai Masuk Pantai Ancol gratis.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply