banner 468x60

JK Tegaskan Pengembalian Uang Jamaah Tanggung Jawab First Travel

 KRIMINAL, NEWS
banner 468x60

JK Tegaskan Pengembalian Uang Jamaah Bukan Urusan Pemerintah, Itu Tanggung Jawab First Travel

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

JK Tegaskan Pengembalian Uang Jamaah Tanggung Jawab First Travel

 

IndoHarian – Wakil Presiden Republik Indonesia yakni Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah tak dapat mengembalikan setoran uang jamaah First Travel. Sebab, pengembalian uang setoran jamaah tersebut menjadi Tanggung Jawab First Travel.

“Ini kan sudah risiko masing-masing karena kenapa mau percaya sama yang harganya murah, karna ini kan pemerintah tidak bisa (mengganti uang setoran jamaah), siapa yang terima duit itu yang harus ganti kan, masa anda yang tak terima duit mesti ganti,” tutur Jusuf Kalla saat sedang ditemui di kantornya, Selasa (22/8).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Try Sutrisno: Masalah Bendera Terbalik Jangan Dipermasalahkan Lagi, Karena…
Mantap! Inilah Hasil Pemeriksaan Rizieq di Arab Saudi Yang Masih di Olah Polisi
Pengacara Rizieq: Hentikan Kasus Rizieq Sekarang Juga! Buktinya Sudah Tidak Sah

Kepolisian Republik Indonesia menduga First Travel sudah menggunakan sistem ponzi untuk melakukan penipuan kepada para jamaahnya. Sistem yang dilakukan First Travel ini diketahui dari jumlah 35 ribu jamaah yang sudah bayar namun tak bisa berangkat. Mereka diminta buat melakukan pembayaran tambahan sebesar 2,5 juta supaya bisa segara diberangkatkan.

Tanggung Jawab First Travel, Jusuf Kalla mengatakan, dengan sistem ponzi ini sebetulnya perusahaan selalu mengalami kerugian namun cashflow-nya tetap bagus sebab banyak jamaah baru yang mendaftar. Artinya, jamaah memang membayar biaya umroh dengan sebuah harga murah di First Travel. Akan tetapi, uang setoran jamaah tersebut dipakai buat membayarkan biaya umroh jamaah sebelumnya. Sehingga seiring dengan berjalannya waktu, First Travel tak bisa lagi menutup cashflow-nya.

“Dengan harapan semakin banyak orang yang akan mendaftar jadi akan hidup terus menerus, namanya itu gali lobang tutup lobang sebenernya sistem ponzi itu,” ungkap Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menjelaskan, setiap jasa travel umroh musti mengurus perizinan dan terdaftar di pemerintah. Selain itu, perusahaan jasa travel umroh juga musti terdaftar dan memiliki koneksi dengan partner di Arab Saudi. Menurutnya, pelaksanaan umroh cenderung lebih bebas ketimbang dengan pelaksanaan haji sebab jangka waktunya tak terbatas. JK Tegaskan Pengembalian Uang Jamaah Tanggung Jawab First Travel

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply