Jokowi Menangkan Pertarungan Udara Prabowo Kalah!

Jokowi Menangkan Pertarungan Udara Hampir 60 Persen

IndoharianJokowi Menangkan Pertarungan Udara Kubu pasangan calon presiden nomor urut 1 Jokowi dan juga Ma’ruf mengklaim telah memenangkan pertarungan di udara untuk sementara ini. Ketua Cakra 19, relawan pemenangan Jokowi-Ma’ruf, Andi Widjajanto telah mengklaim 58 persen eksposure di media sosial mereka telah kuasai.

“Potret dari mesin per hari ini kita menguasai 58 persen eksposure di media sosial,” katanya didalam acara Jumat Jempol di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat 25 januari 2019.

Menurutnya, semakin besar sentimen positif terhadap pasangan 01 di dalam media sosial, maka peluang kemenangan akan makin besar pula. Maka dari itu dia mengajak elemen relawan yang hadir untuk ikut memperkuat sentimen melalui kampanye positif di dalam media sosial. Yaitu dengan cara memasifkan kampanye kinerja dan juga prestasi inkumben Jokowi.

“Kalau pak Jokowi semakin besar birunya semakin besar sentimen positifnya peluang menangnya semakin besar,” ucapnya.

Lebih lanjut dia menyebut, jika sentimen negatif atau merah makin besar di kubu 02 maka kemenangan akan semakin terlihat juga. Pekerjaan tersebut akan dilakukan oleh tim dari media sosial khusus yang telah disiapkan oleh Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf. Sedangkan, sentimen positif kepada Jokowi, menurut Andi sudah dalam jalur yang sangat tepat Jokowi Menangkan Pertarungan Udara

Sementara itu, Andi juga mengatakan masih ada beberapa provinsi yang eksposure media sosialnya masih sangat berat. Yaitu di kawasan, Kalimantan Selatan, Riau Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Barat.

“Mereka yang lebih dari kita itu paling tinggal Kalimantan Selatan, Riau, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Barat,” kata dia.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
HEBOH! PDIP Menunggu Ahok Kembali Bergabung Ke Partainya
Pernikahan Ahok Bripda Puput Akan Segera Berlangsung
KPK Panggil Imam Nahrawi Terkait Kasus Korupsi

Andi juga menjelaskan, cara permainan didalam media sosial adalah dengan cara memanfaatkan tagar alias hashtag. Dia menyebutkan ada hashtag premier seperti Indonesia Maju, dan juga hashtag dinamis yang telah berkembang sesuai dengan kabar, seperti bernada menyentil kubu capres bernomor 02 ataupun bahkan hashtag yang tak terlihat sebagai kampanye politik.

Pengelolaan hashtag itu menurutnya lebih unggul dibandingkan dengan permainan tagar oleh capres berkubu 02 yang cenderung bertahan di hashtag premier dan juga kurang dinamis seperti tagar ganti presiden.

“Fenomena unik mereka (kubu 02) mulai jam 2 pagi, netizen tidur semua mereka bangun semua,” kata Andi mengomentari cara kerja tim media sosial kubu 02.

Namun apakah pertarungan udara ini juga menggambarkan kondisi pertarungan di darat, Andi juga mengatakan perlu triangulasi data antara analisis media sosial, dengan data yang masuk dari darat bagaimana canvassing dilakukan.

“Jadi tidak mengandalkan satu titik tertentu,” ucapnya. Jokowi Menangkan Pertarungan Udara.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *