banner 468x60

Jokowi Panaskan Mesin Relawannya, Fahri Hamzah: Jokowi Harus Berhati-hati Dengan Relawannya

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Jokowi Panaskan Mesin Relawannya, Fahri Hamzah Mengingatkan Jokowi Agar Berhati-hati

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

IndoharianJokowi Panaskan Mesin Relawannya, Fahri Hamzah: Jokowi Harus Berhati-hati Dengan Relawannya

 

Indoharian, JAKARTA — Fahri Hamzah selaku Wakil Ketua DPR turut angkat bicara soal Presiden Joko Widodo alias Jokowi panaskan mesin relawannya atau permintaan Jokowi kepada relawan pendukungnya Projo agar utk memulai kampanye menyongsong Pemilu tahun 2019.

Fahri pun sangat heran kenapa Jokowi mau menunjukkan dirinya bahwa ia lebih percaya pada relawan ketimbang mesin partai.

“Tapi sebenarnya agak serem sih lantaran Presiden mengatakan yg non partai Projo ini silahkan berkampanye. Kenapa saya bisa bilang serem maksudnya adalah Pak Jokowi sangat percaya pada armada non partai gitu loh,” ucap Fahri kepada wartawan saat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Sebab menurutnya, Jokowi telah menganggap kinerja dari kelompok relawan lebih efektif, ketimbang dari partai politik yg selama ini memberikan dukungan kepadanya.

“Jadi saya rasa Pak Jokowi panaskan mesin relawannya. Lantaran ini bisa-bisa lebih efektif daripada mesin partai. Dan di kelompok itu pun banyak juga yg menjadi menteri juga kan,” kata Fahri.

Tapi, Fahri menyayangkan, sikap Jokowi yg malah memilih hadir ke acara Rakernas Projo dibanding ikut dlm acara World Parlementiary Forum on Sustainable Developement di Bali.

Karena, acara itu menjadi ajang menunjukkan komitmen Indonesia dlm Paris Agreement di dunia Internasional.

“Padahal itu kan nama kita di mata dunia utk menunjukkan komitmen kita komit dgn paris agreement itu kan. Dia nggak dateng tapi malah ke Projo. Dan itu tadi suruh kampanye,” kata Fahri.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Sekitar Ratusan Umat Buddha Peduli Rohingya Mengikuti Aksi Penggalangan Dana
Waduh, Begini Puisi Fadli Mengkritik Keras Aung San Suu Kyi
Pasca Pembakaran Bendera, Dubes Indonesia Dapat Telepon Dari Pemerintah Myanmar

 

Dirinya pun menilai, kepercayaan Jokowi terhadap relawannya bisa berpotensi akan menimbulkan efek buruk.

Maksudnya adalah, kompetisi pun akan menjadi sulit terkendali sebab biasanya tak ada aturan baku soal pertarungan antar relawan.

“Nah situasi pun akan menjadi panas, tapi panasnya itu banyak yg tidak diketahui apinya datang darimana,” ujar Fahri.

Fahri pun menyebutkan, identitas penanggungjawab relawan itu pun tidak teridentifikasi.

Dia mencontohkan persoalan bagi Jokowi adalah relawan tak adanya pertanggungjawaban formal dari setiap kegiatan mereka. Misalnya pada saat berkampanye di medsos.

“Seperti sekarang ini perang antar tentara medod antara Saracen dan Jasmev. Itu pun bisa lebih hangat daripada perang partai. Kalau partai kan perang aturannya masih jelas, tapi kalau relawan perang itu aturannya sudah nggak jelas,” kata Fahri.

Maka itu Fahri mengingatkan, Jokowi utk berhati-hati pada efek-efek buruk yg kemungkinan ditimbulkan oleh relawan.

Tapi Fahri juga mengambil sisi positif dari pernyataan Jokowi dihadapan relawannya itu.

Jokowi kata Fahri ingin mengingatkan kepada menteri-menterinya supaya tak terlibat dalam kegiatan kampanye aktif.

“Mungkin Jokowi panaskan mesin relawannya itu adalah positif bagi anggota kabinet ya. Yang artinya siapa yg ikut di dalam kabinet itu ya mungkin dimaksudkan orang yg nggak perlu hadir dan apa namanya dan menjadi aktivis partai, dia tak boleh merangkap jabatan,” ucap Fahri.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply