banner 468x60

Jokowi Sebut Konsep Koperasi Petani Modern Harus Jadi Percontohan

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Jokowi : Konsep Koperasi Petani Modern Harus Menjadi Percontohan di Daerah Lain

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Jokowi : Konsep Koperasi Petani Modern Harus Menjadi Percontohan di Daerah Lain

 

IndoHarian – Presiden Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan sapaan Jokowi meminta konsep koperasi petani secara modern yang dimotori oleh PT BUMR singkatan dari Badan Usaha Milik Rakyat, Pangan Terhubung di Sukabumi menjadi percontohan di daerah lain.

“Saya sudah dengar lama di PT BUMR Pangan di Sukabumi ini adalah yang kerap saya sampaikan mengkoorporasikan petani, ya ini,” ucap Jokowi saat mengunjungi Koperasi Arromah PT BUMR Pangan Terhubung di Sukabumi, pada hari Jumat, 1 September 2017.

Jokowi mengapresiasi atas pendirian koperasi itu karena konsep koperasi petani dilakukan secara menyeluruh dari mulai pengolahan hingga sampai penjualannya. Hal ini termasuk pengemasan yang modern dan menarik sehingga dapat masuk langsung ke dalam industri retail.

“Dalam skala yang besar ada economic skill dikerjakan dengan cara – cara yang modern. Dipackaging seperti ini kemasannya. Begitu modern, sangat menarik. Dapat masuk langsung ke retail. Petani diajak untuk berkelompok dalam sebuah skala industri,” tutur dia.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Heboh !! Saat Ini Jepang Mulai Latihan Hadapi Rudal Korut
Muslim Singapore Sumbang Ribuan Kambing Untuk Warga Grobogan
Sungguh Menyedihkan! Tak Ada Yang Menjenguk Bos First Travel Saat Idul Adha

 

Sistem penanaman juga akan dilakukan secara modern dengan melibatkan teknologi modern untuk mengetahui tempat atau lokasi lahan, kondisi lahan, termasuk sistem pemasarannya yg dilakukan secara online.

“Saya kira petani kita harus seperti itu. Jadi saya kira akan saya ikuti. Mungkin pekan depan, Pak Luwarso (Pimpinan PT BUMR Pangan Terhubung) akan kami undang ke Istana utk bicara. Saya ingin ini di-copy sebagai sebuah contoh utk  tempat – tempat yang lain. Biar nanti dikomandani pak Luwarso,” ucap Jokowi.

Saat ini, sekitar 1.000 hektare lahan pertanian telah  tergabung dalam konsep koperasi petani tersebut. Dengan jumlah lahan tersebut, diperlukan sekitar Rp48 miliar untuk mendirikan koperasi tersebut.

Jokowi mengaku akan membuat konsep seperti ini dan termasuk mencarikan solusi sistem pendanaannya.

“Kalau skala lima ribu (hektare) kurang lebih Rp254 miliar. Memang harus seperti itu. Ini yang akan saya cari. Sehingga nanti bagaimana pinjam ke banknya, bagaimana cara cicilan dan petani bisa semuanya kita libatkan,” ucap Jokowi.

Jokowi pun mengatakan akan mengundang sejumlah Menteri, di antaranya Menteri Pertanian, Menteri Perdagangan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke Istana Kepresidenan untuk membahas konsep koperasi modern tersebut.

PT BUMR Pangan Terhubung merupakan koperasi yg melakukan proses pengolahan beras dari mulai hulu ke hilir dengan menggandeng para petani di sekitar.

Selain itu, koperasi tersebut juga memberikan pendampingan selama masa – masa tanam termasuk menyediakan pinjaman modal.

Panen dan pengemasannya pun kemudian diolah dengan menggunakan teknologi yang modern, termasuk penjualannya yang didistribusi secara langsung ke toko retail maupun dengan menggunakan media sosial. Nantinya, hasil penjualan tersebut akan dibagi dengan para petani anggota koperasi tersebut. Jokowi Sebut Konsep Koperasi Petani Modern Harus Jadi Percontohan.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply