sakuratoto

Kabar Gembira Untuk Jamaah, Perluasan Mina di Lakukan

 NEWS
Iklan Ads

Perluasan Mina Yang Akan di Bangun Dipan Bertingkat di lakukan Karena Jamaah Haji Yang Bertambah Banyak

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

Indoharian – Kabar Gembira Untuk Jamaah, Perluasan Mina di Lakukan

 

Indoharian – Kementerian Agama memantau rencana Arab Saudi yang melakukan Perluasan Mina atau yang biasa disebut sebagai Mina Jadid.

Mina akan diperluas dengan bangunan yang bertingkat agar bisa menampung para jamaah haji yang biasa menginap di tenda saat lempar jumrah dan transit untuk wukuf di Arafah.

Kendati terjadi pada saat polemik tentang Mina, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nizar Ali mengatakan Kemenag meminta pemerintah Arab Saudi melakukan langkah nyata untuk menyelesaikan persoalan Mina tersebut.

“Soalnya ada yang memperbolehkan dan ada juga yang tidak memperboleh Perluasan Mina tersebut. Sehingga terjadi perbedaan para pendapat alhi fikih soal Mina tersebut,” ujar Nizar di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Ada pun perbedaan para pendapat di antara para ahli fikih itu karena mereka memandang sah atau tidaknya menginap di Mina sebagai bagian yang wajib dari haji.

Kapasitas Mina yang masih tetap dan dengan jumlah jamaah haji yang bertambah banyak, sehingga membuat otoritas Saudi itu berupaya melakukaan perluasan kawasan tersebut agar dapat mengurangi kepadatan jamaah di kawasan tersebut.

Dalam perkembangan kawasan tersebut, Mina akan dibangun dengan menggunakan dipan yang bertingkat sehingga mampu menampung para jamaah.

“Sesuai dengan informasi, ada wacana pembangunan tempat tidur bertingkat dan kedepannya mungkin akan di bangun menjadi bangunan permanen untuk para jamaah haji,” ujar Nizar.

Nizar mengatakan, akan terus memantau perkembangan pembangunan Mina itu.

Kepadatan di Mina, ujarnya, juga memberi dampak bagi para jamaah Indonesia, selain para jamaah Indonesia harus bergumul dengan para jamaah yang berasal dari lintas negara.

Para jamaah Indonesia itu juga harus terkendala dengan datangnya haji furoda yang menggunakan tenda – tenda untuk para jamaah.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Korban Keracunan Tutut Bertambah!!!
Kenapa Pelibatan TNI Atasi Teroris Tergantung Skala???
Bela Diri, Korban Membacok Begal di Penjarakan

 

Haji furoda adalah haji yang berasal di luar kuota tetapi mereka mendapatkan visa khusus dari pemerintah Arab Saudi, selain kedua persoalan itu, kepadatan jamaah juga akan memberi dampak pada toilet karena dapat membuat antrian.

Untuk mencegah hal tersebut, Nizar pun meminta kepada pemerintah Arab Saudi agar menyediakan toilet bergerak.

“Saya tidak membayangkan tentang antrian toilet yang berjam – jam, kami minta tambahan toilet bergerak,” ujar Nizar.

Selain itu, pihak yang berasal dari Kementerian Kesehatan menyediakan puluhan ribu sandal untuk para jamaah haji Indonesia yang berada di Tanah Suci, hal ini merupakan serangkaian untuk menghadapi kemungkinan panasnya cuasa di Tanah Suci pada musim haji tahun ini.

“Biasanya para jamaah selalu ketinggalan sandalnya, bisa – bisa kaki mereka di terbakar,” ujar Kepala Pusat Kesehatan haji, dr Eka Jusup Singka.

Menurut Eka, tim dari pihak Kementerian Kesehatan bisa secara langsung mendapatkan secara gratis dari petugas di Tanah Suci.

Selain sandal, Pihaknya juga akan membagikan payung, masker, dan penyemprot air untuk menyiapkan para jamaah dalam menghadapi cuaca yang panas.

Nizar mengatakan, semoga Perluasan Mina bisa menyeimbangi para jamaah yang berasal dari manca negara.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply