sakuratoto

Kejadian Unik dan Menakjubkan di Masjidil Haram Usai Puncak Haji

 NEWS
Iklan Ads

Lautan Jamaah Bak Pelangi Hiasi Masjidil Haram Usai Puncak Haji

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Lautan Jamaah Bak Pelangi Hiasi Masjidil Haram Usai Puncak Haji

 

IndoHarian – Puncak haji telah usai. Hari ini, pada hari Rabu (6/9/2017), jemaah Indonesia secara bertahap mulai dipulangkan ke Tanah Air, termasuk beberapa jemaah haji dari negara lainnya.

Namun, ada pemandangan yang menarik usai puncak haji. Di Masjidil Haram, Mekah Almukarromah persisnya di sekitar Baitullah Kabah, mendadak menjadi lautan warna seperti pelangi mengitari kiblat umat Islam itu.

Lautan jemaah haji dari seluruh belahan dunia tersebut melaksanakan tawaf ifadah, tawaf setelah melaksanakan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau Armina. Ada juga jemaah yg melaksanakan tawaf wada, tawaf perpisahan karena akan pulang ke negaranya masing-masing.

Warna-warni seperti pelangi tersebut berasal dari payung jemaah haji yang melaksanakan tawaf. Mereka ada yg membawa payung berwarna merah, kuning, hijau, ungu dan lainnya. Suasana tersebut bak pelangi yang sedap dipandang mata.

Payung menjadi salah satu pilihan utama para jemaah haji untuk mengurangi cuaca panas dari teriknya mata hari di waktu siang. Cuaca di Mekah, Arab Saudi saat siang hari dapat mencapai 52 derajat.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Mengapa Polisi Belum Menjawab Permohonan SP-3 Rizieq Shihab? Apakah Ditolak?
MUI Minta Umat Islam Jangan Membenci Umat Buddha di Indonesia Dengan Alasan Myanmar
Mantan Wakil KPK Menilai Aris Melanggar UU KPK

 

Puncak haji sudah usai. Jemaah Indonesia secara bertahap mulai dipulangkan ke Tanah Air. Ada lima kloter perdana yang sudah terbang hari ini dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, yakni kloter satu Embarkasi Medan (MES 01), Jakarta-Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Padang (PDG 01), dan Makassar (UPG 01).

Dubes Republik Indonesia untuk Saudi Arabia Agus Maftuh Abegebriel melepas keberangkatan 360 jemaah SOC 01. Seremonial pelepasan keberangkatan digelar di Plaza Bandara Jeddah.

“Sebagai Dubes sekaligus pelayan warga Indonesia di Saudi, saya mengucapkan selamat atas kelancaran proses haji, mulai dari awal hingga akhir, khususnya di Armina. Alhamdulillah lancar, meski ada sedkit protes soal toilet di Mina,” ucap  Agus Maftuh di Jeddah, pada hari Rabu (6/9/2017).

“Mewakili seluruh petugas, mohon maaf atas semua kekurangannya. Insya Allah tahun depan kita perbaiki lebih baik,” sambung dia.

Menurut Agus Maftuh, Puncak haji tahun ini terbesar dalam sejarah haji Indonesia, yakni dengan kuota mencapai 221 ribu. “Tahun depan akan kita usahakan penambahan kuota supaya  antrean di Indonesia tak terlalu panjang,” janjinya.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply