banner 468x60

Kekhawatiran Panglima TNI Akan Persoalan Impor Ilegal Di Indonesia

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Kekhawatiran Panglima TNI Akan Persoalan Impor Ilegal Di Indonesia

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Kekhawatiran Panglima TNI Akan Persoalan Impor Ilegal Di Indonesia


IndoHarian
Kekhawatiran  Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyoroti persoalan impor ilegal di Indonesia. Meski jumlahnya kecil, Gatot juga berpendapat, impor ilegal dapat merusak daya saing industri di dalam negeri.

“Very high risk import diperkirakan cuma lima hingga sepuluh persen. Kecil dibandingkan dengan sebuah perolehan dari anggaran semuanya. namun yang kecil ini bila tidak benar-benar kita manage maka bakal berdampak negatif kepada perekonomian Indonesia,” tutur Gatot, di Kantor Pusat Dirjen Bea Cukai, daerah Jakarta Timur melalui siaran persnya, hari Rabu (12/7/2017).

Kekhawatiran  Panglima TNI “Industri-industri kita bakal hancur. Bahkan bakal mati sebab kalah bersaing dengan barang-barang impor ilegal dan juga bisa ada rekayasa,” lanjut dia.

Solusinya, dengan cara meningkatkan pengawasan terhadap barang atau juga komoditas yang masuk ke Tanah Air.

Indonesia, lanjut Gatot, juga bisa bekerja sama dengan sejumlah negara tempat transit barang atau itu komoditas yang bakal masuk ke Indonesia.

Dengan demikian, impor ilegal bisa ditekan seminimal mungkin.

“Setiap barang yang bakal masuk ke Indonesia biasanya singgah dulu kan di Singapura, Hongkong, Guangzhou, Shenzen dan sebagainya. Kita dapat berkoordinasi untuk melakukan pengecekan dan pengawasan dari sana guna mengantisipasi praktik impor berisiko tinggi,” tutur Gatot.

Saat ini, sejumlah instansi pemerintah sudah bekerja sama dalam rangka meningkatkan pengawasan barang yang masuk ke Tanah Air melalui penegakan aturan bea masuk dan pajak.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ini Alasan Sebenarnya Pelaku Pembacokan Hermansyah
Kronologi Menegangkan Penangkapan Pelaku Pengeroyok Hermansyah
Stefan William Ambil Kesempatan, Ammar Zoni Terjerat Kasus Narkotika

TNI, lanjut Gatot, tentu akan mendukung pengawasan yang dikomandoi Direktorat Jenderal Bea Cukai tersebut melalui satuan-satuan yang ada di tubuh TNI.

buat mendukung keberhasilan ini bukan cuma kapal laut ya, namun juga melibatkan intelijen dan POM TNI untuk benar-benar mengawasi pelaksanaannya,” tutur Gatot. Kekhawatiran Panglima TNI Akan Persoalan Impor Ilegal Di Indonesia

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply