sakuratoto

Konflik Koalisi Selesai, Cawapres Jokowi Diluar Parpol!

 NEWS, POLITIK
Alternatif Link Ligaasiapoker

Cawapres Jokowi Diluar Parpol Untuk Menghindari Konflik Perpecahan Koalisi

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – Konflik Koalisi Selesai, Cawapres Jokowi Diluar Parpol!

 

IndoHarian – Sejumlah nama cawapres telah dikantongi oleh Joko Widodo untuk maju dalam pilpres 2019 mendatang. Cawapres Jokowi diluar parpol berkemungkinan besar akan menjadi pilihan terakhir demi untuk menghindari terpecahnya koalisi pendukung Jokowi.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Sukarnoputri juga telah memberi sinyal bahwa Jokowi sudah mengantongi nama itu. Dia telah mengerucutkan nama yang akan menjadi cawapres tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Megawati setelah melakukan pertemuan dengan Jokowi selama 1 jam 50 menit di Istana Batu Tulis, Bogor, pada hari Minggu (9/7/2018) malam.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa pengumuman cawapres bakal dilakukan ketika momentum yang tepat, ketika cuaca cerah setelah matahari terbit dari timur.

Sementara Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate mengatakan bahwa kandidat cawapres Jokowi diluar parpol yang bakal membuat gempar jagat perpolitikan setingkat nasional. Dia menduga nama cawapres tersebut dipilih sesuai pilihan partai koalisi pemerintah, termasuk juga NasDem.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
PD Tidak Memiliki Capres, Gerindra Ambil Kesempatan!
Lewati Prabowo, Wacana Anies Capres Kalahkan Jokowi
Penentuan Kandidat Cawapres Joko Widodo, TGB Bergerak!

 

Sejumlah nama lalu digadang-gadang untuk mengisi posisi cawapres dari Jokowi. Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani mengungkapkan bahwa ada sebanyak enam nama yang akan dipilih untuk menjadi kandidat cawapres Jokowi.

Mereka yang dimaksud yaitu Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto, Ketua KSP Moeldoko, Ketua Umum PPP Romahurmuziy serta juga Ketua Umum MUI Maruf Amin.

Sementara itu, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memperkirakan lima nama yang berkemungkinan kuat akan mendampingi capres petahana Jokowi di pilpres tahun depan.

Selain Mahfud MD juga Moeldoko, LSI Denny JA memperhitungkan bahwa ada nama Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Pengamat Politik diluar Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wasisto Rajarjo Jati menilai bahwa Jokowi bakal mengulangi strategi dalam pilpres 2014 dengan memilih cawapres yang berasal dari kalangan nonparpol.

“Menurut saya Jokowi bakal memilih cawapres dari kalangan nonparpol, sama seperti strategi dia saat [pilpres] 2014 lalu,” ucap Wasisto pada hari Selasa (10/7/2018).

Pada pilpres 2014, 5 tahun lalu Jokowi memilih figur Jusuf Kalla yang tidak memiliki jabatan yang struktural dalam parpol ketika itu, meski yang bersangkutan juga pernah menjabat Ketua Umum Golkar pada tahun 2009 lalu.

Menurut dirinya, kemungkinan cawapres Jokowi diluar parpol untuk meminimalisasi konflik juga kecemburuan antarparpol pendukung yang masing-masing mengusung agar ‘jagoan’ mereka sebagai cawapres Jokowi.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply