banner 468x60

Masalah Ari Asia Kembali Terulang, Pesawat Mendarat Darurat Mesin Terbakar

 NEWS, WISATA
banner 468x60

Pesawat Mendarat Darurat Diduga Karena Seekor Burung

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Pesawat Mendarat Darurat Diduga Karena Seekor Burung

 

IndoHarian – Para penumpang penerbangan Air Asia X menututrkan melihat adanya percikan api dari mesin, usai diduga menabrak burung yang menyebabkan pesawat mendarat darurat di Brisbane, pada hari Senin malam (3/7).

Namun para ahli meragukan burung itu menjadi penyebab pendaratan darurat. Insiden terjadi tak lama setelah pesawat lepas landas dari Gold Coast, Queensland menuju Kuala Lumpur, Malaysia sekitar jam 22.20 waktu setempat.

Pesawat sempat terbang satu jam sebelum memutuskan untuk mendarat dengan selamat di kota Brisbane. “Dua ekor burung ditemukan di dalam landasan pacu,” seperti yang dijelaskan Air Asia dalam sebuah pernyataan.

Eric Lim, seorang penumpang yg sempat mengunggah foto dan video pesawat di jejaring sosial mengatakan mesin sebelah kanan yg tertabrak. “Ada percikan berturut – turut ‘boom, boom, boom’,” seperti yang ditulis dalam status Eric di akun Facebook.

“Beberapa orang menangis serta berteriak ‘Ya, Tuhan, Ya, Tuhan’.”

Penumpang lain dalam pesawat yg berkapasitas 345 penumpang dan 14 awak kabin, menceritakan hal yg serupa di jejaring sosial. Calvin Boon mengatakan dia melihat api keluar dari pesawat.

“Seluruh mesin meledak dan api terus berkobar, seperti di film Resident Evil, betulan,” tuturnya.

Seorang penumpang lainnya juga mengunggah sebuah video yg mengungkapkan rasa terima kasih karena mereka berhasil mendarat dengan selamat. “Kami selamat dari sebuah insiden menakutkan itu,” tuturnya dalam sebuah video di Facebook.

“Mobil pemadam kebakaran sedang memeriksa mesinnya, syukurlah kita masih dalam keadaan hidup.”

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Video Viral Pesawat Bergoncang Dasyat Seperti Getaran Mesin Cuci
Heboh Putus Dari Vicky !! Zaskia Gotik DiLamar Di Atas Panggung
Lucu Juga!! Begini Reaksi Ahmad Dhani Dengar Maia Akan Menikah

 

“Kapten Air Asia melakukan hal yang sangat hebat, sangat menakutkan, satu mesin hilang.”

Benyamin Ismail, Chief Executive Air Asia X, menuturkan maskapainya akan segera mengatur penerbangan sewaan utk para penumpang yang pesawat mendarat darurat tersebut.

“Kami sangat memuji pilot dan awak kapal kami atas profesionalisme dan atas tindakan cepat mereka untuk meyakinkan para pnumpang yg berada di pesawat D7207, serta mendaratkan pesawat dengan dalam keadaan selamat di bandara Brisbane,” katanya.

Insiden ini terjadi kurang dari 2 minggu, usai pesawat AirAsia X mengalami guncangan hebat seperti berada di dalam mesin cuci, akibat masalah mesin dan terpaksa kembali ke Perth (25/6).

Ketua Strategic Aviation Solutions, Neil Hansford, yg berkonsultasi dengan sejumlah maskapai penerbangan komersial dan bandara, menuturkan penjelasan Air Asia X mencurigakan, terutama ketika bandara udara Gold Coast sudah mengeluarkan banyak uang untuk menjauhkan burung – burung dari kawasan bandara udara.

Dia mengatakan ketika sebuah mesin pesawat dinyatakan sudah bersertifikat, sudah melakukan pengujian untuk memastikan dapat mengatasinya. Pengujian dilakukan dgn melemparkan ayam beku ke dalam mesin pesawat.

“Jika saya melihat mesinnya, ada bagian blade pada mesin yg hilang, ini menurut saya sedikit mencurigakan. Saya juga curiga saat maskapai Air Asia X mengatakan sudah menemukan bangkai di landasan pacu,” tuturnya.

“Air Asia tidak memiliki akses ke landasan pacu. Ini telah dipastikan oleh bandara di Gold Coast.

“Pemeliharaan lingkungan bebas burung di lahan bandara adalah tanggung jawab pihak bandara.”

Neil mengatakan hanya hanya burung besar dari kawasan perairan yang dapat menyebabkan kerusakan mesin tersebut. Dia meragukan burung-burung besar ini terbang ke kawasan bandara pada malam hari.

“Ada perbedaan antara blade yg tertekuk dan blade yang terlepas, yg jadi keadaan sebenarnya yang dialami Air Asia di Perth minggu lalu,” tuturnya.

“Bagi saya hubungan kedua insiden pesawat mendarat darurat dan pesawat seperti di dalam mesin cuci ini belum lengkap, semoga tak ada yang ditutup-tutupi.”

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply