sakuratoto

Melonjak 80%!! Diputuskan Skytrain Soekarno Hatta Akan Ditambah Lagi

 NEWS
Iklan Ads

Skytrain Soekarno Hatta Akan Ditambah lagi Oleh AP2

 

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – Melonjak 80%!! Diputuskan Skytrain Soekarno Hatta Akan Ditambah Lagi

 

IndoHarian – Perkembangan teknologi Skytrain Soekarno Hatta makin berkembang dan rencannya kedepannya akan ditambah 1 lagi oleh Pihak AP2

PT Angkasa Pura II (AP2) berencana akan menambahkan 3 rangkaian kereta layang (skytrain) di Bandara Soekarno Hatta. Untuk saat ini Bandara Soekarno Hatta memiliki 3 buah trainset (rangkaian kereta) yang beroperasi pada dual track (A dan B) dengan lintasan sepanjang 3,07 km.

Kecepatan maksimal pada Skytrain Soekarno Hatta adalah 30 km/jam dengan headway 13 menit dan dwell time 1 menit. Untuk mengoperasikan skytrain tersebut sendiri saat ini juga masih bersifat manual yaitu masih melibatkan adanya awak pengemudi di dalamnya untuk mengoperasikannya.

President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, mengatakan dengan menimbang-nimbang pergerakan penumpang yang terus meningkat maka perseroan akan melakukan pengembangan. Sehingga, penumpang tidak menunggu terlalu lama.

“Dilihat secara dari grafik kenaikan pergerakan penumpang yang dari tahun ke tahun dan juga kurang lebih sebanyak 80% mayoritas pengguna skytrain tersebut adalah penumpang, maka itu kami juga akan melakukan pengembangan agar mereka tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mobilisasi antar terminal,” Ucap Awaluddin dalam keterangan tertulis di Jakarta, hari Selasa (19/6/2018).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
APA?? Tarif TOL JORR Berubah?!?! Begini Dampaknya…
Ohhh, Jadi Karena Ini…. Demokrat Gerindra PKS Kompak Mengenai Pengangkatan Komjen Iriawan
3 Lembaga Terkemuka Dari AS Dan MIT Undang Sandiaga?? Fakta Atau HOAX??

 

Beberapa pengembangan itu yaitu penambahan sebanyak 3 trainset lagi pada bulan September 2018. Sehingga, nantinya akan ada 6 trainset yang dapat mengangkut sebanyak 352 pax (penumpang) di tiap perjalanannya. Pengembangan lain ialah otomatisasi pengoperasian trainset tanpa awak. Kecepatan pun akan ditambah dari headway semula yang dari 13 menit berubah menjadi 6 menit.

Sementara itu, kondisi untuk rute existing skytrain pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Terminal 1-Stasiun Kereta Bandara-Terminal 2-Terminal 3 (PP). Rute ini rencananya akan diperpanjang menuju ke rencana pembangunan Terminal 4 di Area Soewarna Golf dan ke area komersial Sky City yang saat ini pun juga masih dalam rencana pembangunan.

“Progress untuk pembangunan lintasan dan shelter tahap 1 sudah selesai 100%, sedangkan untuk progress pengembangan sistem dan persinyalan otomatis hampir mencapai 100%, dengan adanya rencana pengembangan skytrain ini minimum connecting time (MCT) yang diperlukan untuk berpindah antar terminal akan menjadi lebih efisien.” Tutupnya.

Rupanya tidak hanya mengembangkan Skytrain Soekarno Hatta sendiri, Angkasa Pura II juga akan membangun dan menyediakan fasilitas pendukung dari kereta layang ini seperti sky bridge, lintasan, shelter, serta sistem dan persinyalan, yang merupakan hal-hal fundamental dalam pengoperasian skytrain tersebut.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply