Mengapa Menikah di Usia Muda Selalu Bercerai Setelah 1 Tahun Pernikahan?

Rata-rata 50% Menikah di Usia Muda Bercerai Setelah Satu Tahun Pernikahan

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Mengapa Menikah di Usia Muda Selalu Bercerai Setelah 1 Tahun Pernikahan?

 

Indoharian — Zumratin yang merupakan Ketua Yayasan Kesehatan Perempuan, telah mengaku prihatin pada anak yang menikah di usia muda di Indonesia.

Ini yang disampaikan Zumratin pada saat acara konferensi pers Koalisi Perempuan Indonesia utk Keadilan dan Demokrasi bertahuk “Negara Lalai dalam Melindungi Anak Perempuan dari Praktek Perkawinan Anak” Minggu (23/7/2017) pada saat di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Menurut dari data BPS di tahun 2015 saja, satu dari lima perempuan yang menikah di usia muda yakni 20-24 tahun telah melakukan perkawinan pertama sebelum usia 18 tahun.

Sedangkan dalam lima tahun belakangan ini, tahun 2012, sudah tercatat angka paling tinggi, sekitar ada 984.814 anak perempuan yg telah menjadi korban praktek perkawinan anak atau disebut menikah di usia muda.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Korban Perdagangan Manusia, Delapan Orang Tewas Ditemukan di Dalam Truk
Pengamat Kebijakan Publik Berharap Kapolda Baru Dapat Lakukan Ini
Ini Tindakan Dewan Keamanan PBB Tanggapi Bentrok Israel-Palestina

 

Zumratin pun akhirnya mengatakan, perkawinan anak di Indonesia itu tak lepas dari berbagai faktor penyebab, di antaranya adalah interpretasi agama, kemiskinan, kultural, dan hamil di luar nikah.

Tetapi ia menyoroti dampak lain risiko dari kerawanan pada pernikahan anak yg tidak bisa diabaikan seperti kematian ibu dan kanker rahim.

“Ini angkanya pun sangat tinggi sekali. Lantaran mereka sudah melakukan hubungan seks yg terlalu muda. Di usia yang masih 15 tahun,” ucap Zumratin.

Sementara itu, menurutnya hal tsbt diperparah dgn usia hamil yg terlalu dini, yakni di usia 16 sampai 17 tahun tapi masih tak memiliki pekerjaan yg berkualitas. Jika ini dibiatkan, maka yg terjadi adalah bencana demografi.

“50 persen menikah di usia muda akan bercerai setelah satu tahun. Mengapa? karena orangtua si ibu sudah menambah beban cucu, ini yang menjadi menambah lingkaran kemiskinan,” ujar Zumratin.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *