sakuratoto

Menteri Susi Maju di Pilgub Jabar 2018? Menjadi Lawan Berat

 NEWS, POLITIK
Alternatif Link Ligaasiapoker

Asep Warlan Menilai Sosok Menteri Susi Sangat Berpotensi Maju ke Pilgub Jabar 2018

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Asep Warlan Menilai Sosok Menteri Susi Sangat Berpotensi Maju ke Pilgub Jabar 2018

 

IndoHarian – Perhelatan pemilihan kepala daerah atau disingkat Pilkada selalu menghadirkan sejumlah kejutan. Termasuk yang terjadi jelang pelaksanaan pilgub Jabar 2018 mendatang.

Sosok Ridwan Kamil, Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar telah lama disebut-sebut bakal dicalonkan dalam ajang pesta demokrasi tersebut. Namun ternyata masih ada nama potensial yang juga dapat meramaikan Pilgub Jabar di tahun depan.

Pengamat politik Universitas Parahyangan (Unpar) Asep Warlan melihat sosok Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti bisa menjadi opsi di luar tiga nama besar yang saat ini berkembang. Menurutnya Susi merupakan tokoh perempuan yang pantas ditawarkan ke masyarakat Jawa Barat.

Dari sisi popularitas, ucap Asep, Susi memiliki tingkat popularitas yang cukup baik. Kemudian dari sisi kemampuan juga tak perlu diragukan. Menurutnya Susi adalah salah satu menteri di dalam Kabinet Kerja yang memiliki kinerja sangat baik.

“Ibu Susi tokoh perempuan menarik sekali (kalau maju). Menarik untuk dicalonkan. Ibu Susi memiliki pengalaman, jaringan, integritas. Kemudian ia juga asal Jawa Barat, kenapa tidak ditawarkan ke publik,” tutur Asep, saat dihubungi, pada hari Kamis (5/10/2017).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Terkuak Kasus Pembegalan di Jalan KH Azhari, Ini Dia Pelakunya
Terjebak Macet, Jokowi Berjalan Kaki Sejauh 3 Km Menuju Lokasi Ini
Ternyata Ini Alasan Anies-Sandi Tak Hadiri Acara Pemprov

Tinggal bagaimana partai-partai melakukan pendekatan kepada Susi supaya mau bertarung di Pilgub Jabar. “Tapi kalau saya lihat PDIP punya peluang besar hal itu PDIP. Siapa tahu PDIP dapat merayu Ibu Susi untuk maju ke Jabar,” ujar Asep.

Selain nama Susi, ada juga nama Yuddy Chrisnandi. Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi yang kini menjabat sebagai Dubes Ukraina juga menjadi nama potensial lainnya yang pantas maju pada Pilgub Jabar 2018.

“Tapi sekarang dia sudah menjadi Dubes mau enggak melepas jabatan Dubes menjadi gubernur Jabar. Meski susah tapi kenapa (partai tak melirik untuk) ditawarkan ke publik juga,” tutur Asep.

Dihubungi terpisah, pengamat politik Unpad Firman Manan menilai Menteri Susi dapat menjadi opsi pilihan bagi masyarakat Jawa Barat bila tertarik untuk maju di Pilgub Jawa Barat. Karena secara popularitas Menteri Susi memiliki popularitas yang sangat baik.

Namun, sejauh ini Firman melihat belum ada ketertarikan dari Susi untuk maju di Pilgub Jawa Barat. Pasalnya belum ada satu statement yang keluar dari mulut Susi terkait Pilgub Jabar2018.

“Tapi kita lihat Ibu Susi belum punya ketertarikan. Bahkan statement soal Pilgub jabar saja kita lihat belum ada,” ujarnya.

Meski begitu, Firman menambahkan dalam politik segala kemungkinan dapat saja terjadi. Apalagi hingga saat ini semua partai masih menggodok nama pasangan yang nantinya diusung untuk dicalonkan di pilgub Jabar 2018.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply