sakuratoto

Nenek Panda Gantikan Panda Tertua di Dunia dan Rayakan Ultah Ke-35

 NEWS
Iklan Ads

Panda Tertua di Dunia Jatuh Pada Nenek Panda Berusia 35 Tahun

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Panda Tertua di Dunia Jatuh Pada Nenek Panda Berusia 35 Tahun

 

IndoHarian – Kebun binatang di Cina barat daya pada hari Sabtu (16/9) mengadakan perayaan ulang tahun bagi “nenek panda“, yang usianya bertambah menjadi 35 tahun. Xinxing, yang lahir pada tahun 1982, adalah salah satu panda raksasa serta tertua di dunia.

Dia merupakan ibu dari keluarga besar yang beranggotakan 90 panda. Anak-anak serta cucu-cucunya tersebar di berbagai belahan dunia, yakni di 20 negara dan wilayah, termasuk AS, Kanada dan Jepang.

Pada hari Sabtu, Xinxing berpesta makan rebung dan apel di Kebun Binatang Chongqing. Lagu “selamat ulang tahun” diputarkan sambil ia makan. Anak-cucu keturunannya di berbagai kebun binatang di belahan dunia seperti Hong Kong, Toronto dan Memphis memanfaatkan teknologi untuk mengirimkan ucapan selamat ulang tahun melalui rekaman video.

Di Chongqing, sang nenek panda tidak tinggal sendiri. Dia ditemani satu putra, 5 cucu perempuan dan 2 cicit.
Xinxing pertama kali dibawa ke kebun binatang tersebut ketika ia masih berusia satu tahun. Dia pertama kali melahirkan pada tahun 1992.

Pada tahun 2002, Xinxing memecahkan rekor sebagai panda tertua yang masih melahirkan. Saat itu, pada usia 20 tahun, dia melahirkan bayi kembar. Pengasuh Xinxing, Yin Yanqiang, menuturkan Xinxing dalam usia 35 tahun masih terlihat segar dan belum menunjukkan masalah penuaan.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ancol Digratiskan? Direktur Utama Ancol Menolak Keras, Ini Alasannya
Ibu Muda Penajam Rela Diperkosa Demi Lancarkan Bisnis Narkoba
Dua Pemain Tunggal Ciptakan Sejarah Bulu Tangkis

 

Bobot tubuh Xinxing saat ini sudah tercatat 94 kilogram. Dia makan rebung sebanyak 15 kilogram dan daun bambu satu kilogram secara rata-rata serta banyak buah, juga makanan halus 3 kali sehari, tutur Yin.

Pengelola kebun binatang sudah secara khusus menyediakan air murni untuk minum serta pemeriksaan fisik setiap bulan bagi Xinxing supaya Xinxing menjalani masa tua dengan baik, lanjut Yin. Panda raksasa dikenal memiliki umur hidup yang pendek.

Di alam liar, panda biasanya hidup selama 15 sampai 20 tahun. Sementara panda-panda yang berada dalam penangkaran, mereka dapat hidup hingga sekitar 30 tahun, yang berarti serupa dengan 90 tahun usia pada manusia.

Menurut catatan Badan Kehutanan Negara China, sampai tahun  2013 panda yang hidup di alam liar berjumlah kurang dari 2.000 ekor. Sebagian besar dari mereka hidup di daerah pegunungan di provinsi Sichuan, Shaanxi dan Gansu. Sekitar 400 ekor lainnya hidup dalam penangkaran.

Sebelumnya pada minggu ini, panda tertua bernama Basi yang hidup dalam penangkaran menutup usia pada 37 tahun. Basi adalah model bagi maskot Asian Games Beijing 1990, Pan Pan. Diharapkan nenek panda dapat hidup lebih lama dari Basi.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply