banner 468x60

OTT KPK Harus Diperbanyak, Setujukah??

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

OTT KPK Harus Diperbanyak Dan Juga Difasilitasi oleh Negara, Begini Kata Mahfud MD

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

OTT KPK Harus Diperbanyak, Setujukah??

IndoHarianOTT KPK Harus Diperbanyak , Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD menilai korupsi sekarang ini semakin brutal saja. Dia mengatakan, sangat diperlukan dukungan lebih bagi KPK, termasuk dengan fasilitas dari negara.

Dia sangat mendukung upaya operasi tangkap tangan (OTT) yang semakin diperbanyak. Kewenangan buat KPK melakukan OTT harus difasilitasi negara. “Seperti peralatan penyadapan diberi lebih canggih dan sudah tak dikontroversikan,” ungkap Mahfud, minggu (8/10).

Mahafud menyebut sudah tak perlu lagi diperdebatkan soal penyadapan melanggar urusan HAM. Sebab, negara sudah musti melindungi HAM yang lebih besar. jika terlalu mempersoalkan KPK melakukan tindakan penyadapan, ucap dia, akibatnya seperti sekarnag ini, praktik korupsi merajalela.

Sementara dari itu dia juga menilai Komisi Yudisial (KY) sebagai sebuah lembaga pengawas, perannya sekarang ini sudah tumpul. Hal itu, ucap Mahfud, sebab kewenangan KY sudah dipreteli sampai habis.

OTT KPK Harus Diperbanyak Hakim KY untuk masa jabatan 2003-2008, Maruarar Siahaan mengungkapkan , terjaringnya hakim dalam OTT terakhir KPK tidak boleh dilepaskan dari tanggung jawab ketua Mahkamah Agung (MA). Maruarar menjelaskan, hal tersebut tak boleh dinilai sebagai sebuah perbuatan individu dari hakim yang terjaring OTT KPK.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Bakal Bersanding Dengan Dedi Mulyadi, Begini Reaksi Ridwan Kamil
Ternyata Spa Gay Yang Digrebek Bertarif 165.000/orang
Turut Berduka Cita Ayahanda Ricky Meninggal Dunia, Diduga Karena Ini

“JIka kita katakan ini cuma sebuah perbuatan individual, maka menjadi suatu persoalan kekhawatiran bahwa tak ada sesuatu tekanan yang diberikan oleh pimpinan (MA) buat melihat masalah korupsi itu sebagai sesuatu yang sangat serius di masalah bangsa kita ini,” tutur Mauarar, Ahad.

Oleh karna itu, kata dia, sebaiknya MA mulai mempertimbangkan evaluasi secara menyeluruh. Bukan cuma dari segi sumber daya manusianya, akan tetapi diperlukan sistem peradilan yang baik. “Evaluasi menyeluruh saya kira dari seluruh sistem peradilan,” tutur dia.

Maruarar juga mengungkapkan , semestinya ketua MA musti bertanggung jawab juga terhadap hal tersebut. Menurut dia, di tiap organisasi pimpinan tertinggi pastinya harus kita anggap bertanggung jawab atas kelalaian dari bawahannya, termasuk juga Ketua MA. “Tidak ada prajurit yang salah, komandan yang salah kan,” ungkap Maruarar. OTT KPK Harus Diperbanyak, Setujukah??

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply