banner 468x60

Pengemudi Wajib Ketahui Panduan Jarak Aman Kecepatan

 MOBIL, NEWS
banner 468x60

Panduan Jarak Aman Kecepatan Demi Keselamatan Berkendara

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Panduan Jarak Aman Kecepatan Demi Keselamatan Berkendara

 

IndoHarian – Tulisan di spanduk untuk menjaga jarak aman kecepatan pastinya sering kalian lihat di jalanan umum yang dilintasi berbagai macam kendaraan. Imbauan itu dilakukan demi keselamatan para pengguna jalan.

Jarak yang aman pun tidak sembarangan ada hitungan jaraknya untuk masing – masing kecepatan kendaraan. Seperti yang tertera pada akun sosial media instagram Kementerian Perhubungan @kemenhub151.

“Jarak antar kendaraan menjadi salah satu hal yang perlu diwaspadai tiap pengemudi. Terutama saat kondisi jalan yang berlicin akibat hujan atau sewaktu kondisi lalu lintas yang sedang padat. Benturan mendadak antar kendaraan begitu mungkin terjadi karena jarak yang terlalu berdekatan. Demikian pula ketika menjumpai di jalur yang menanjak. Menjaga jarak antara satu kendaraan dengan kendaraan yang lainnya merupakan langkah bijak untuk keselamatan perjalanan,” begitu bunyi imbauan yang ada tertera di akun instagram @kemenhub151.

Jarak antar kendaraan juga ada dua yaitu jarak minimal serta jarak aman kecepatan. Jarak minimal ialah jarak yang paling dekat yang tak boleh dilewati antara mobil belakang dengan depannya. Jenis jarak ini belum pasti aman, dan pengemudi tetap harus berhati-hati apabila terjadi pengereman secara mendadak dari kendaraan di depannya.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Utamakan Keselamatan, Honda Keluarkan Airbag Sepeda Motor
Ini Alasan Pria Polandia Menculik Model Asal Inggris, Dijadikan Budak Seks
Sopir Bemo Menjadi Sopir Qute, Hutang Ratusan Juta Gara-gara Gubernur Baru

 

Sedangkan jarak aman adalah jarak yang paling disarankan atau direkomendasikan. Terutama, saat melaju di jalanan berair atau basah. Pengereman di jalan basah memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan jalan yang kering.

Untuk kecepatan kendaraan 30 km/jam jarak minimal yang direkomendasikan adalah 15 meter sementara jarak aman 30 meter. Kecepatan 40 km/jam pengendara wajib menjaga jarak minimal 20 meter dan sedangkan jarak aman 40 meter. Kecepatan 50 km/jam sebaiknnya kendaraan dijaga di jarak kisaran 25 meter juga jarak aman sekisar 50 meter.

Semakin cepat kendaraan maka jarak minimalnya pun akan semakin tinggi, di kecepatan 60 km/jam jarak minimalnya 40 meter dan jarak amannya sekisar 60 meter, jika menempuh kecepatan 70 km/jam, kendaraan dijaga pada jarak minimal 50 meter dan untuk jarak amannya 70 meter.

Saat kendaraan melaju dengan kecepatan 80 km/jam, maka jarak minimal yang disarankan ialah 60 meter dan jarak amannya 80 meter. Kecepatan 90 km/jam jarak minimal dapat dijaga pada jarak 70 meter sementara jarak aman 90 meter. Dan terakhir, apabila mobil melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi yakni 80 meter maka jarak aman kecepatan 100 meter

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply