sakuratoto

OTT Sel Tahanan Mewah Sukamiskin, Kemenkum HAM Minta Maaf

 KRIMINAL, NEWS, POLITIK
Alternatif Link Ligaasiapoker

OTT Sel Tahanan Mewah Sukamiskin Menjadi Sorotan, Kemenkum HAM Tindak Lanjuti Dengan Serius

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – OTT Sel Tahanan Mewah Sukamiskin, Kemenkum HAM Minta Maaf 

 

IndoHarian – Sel tahanan mewah Sukamiskin terbongkar. Operasi tangkap tangan (OTT) yang telah dijalankan KPK di Lapas Sukamiskin telah membuka dugaan bahwa adanya suap untuk mendapatkan fasilitas sel istimewa. Kementerian Hukum dan HAM meminta maaf atas kejadian tersebut.

OTT yang dilakukan terhadap Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen, seolah telah menyingkap dugaan bahwa praktik culas yang terjadi di lapas khusus koruptor. OTT yang digelar pada hari Jumat (20/7/2018) kemarin tersebut bahkan telah menemukan sel yang kosong, yaitu sel yang seharusnya ditempati oleh Fuad Amin dan narapidana Tubagus Chaeri Wardana. Belakangan dinyatakan pihak Dirjen Lembaga Pemasyarakatn, keduanya sedang menjalankan pengobatan.

Dari OTT tersebut, KPK telah berhasil mengamankan barang bukti berupa suap fasilitas sel mewah serta izin napi di Lapas Sukamiskin yaitu berupa uang dengan total RP 279.920.000 dan USD 1.410. Selain dari hal tersebut, ada juga dua mobil Wahid Husen yang telah turut diamankan oleh KPK lantaran  diduga terkait suap, yaitu mobil jenis Mitsubishi Triton Exceed juga Pajero Sport Dakkar.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Wanti-Wanti KPK Kepada Seluruh Kalapas Di Indonesia. Ini Peringatannya
OTT di Lapas Sukamiskin, KPK Amankan Fahmi Beserta Dengan Istrinya
Bupati Labuhanbatu Tersangka Suap. Ini Penjelasan KPK

 

KPK juga telah menemukan fasilitas terlarang dalam sel yang berupa alat pemanas air (water heater) hingga kloset duduk. Serta juga AC yang terpasang di dinding kamar. Ada pula televisi layar datar, wastafel, serta kulkas mini yang turut melengkapi fasilitas sel. Sel tahanan mewah Sukamiskin tersebut ada di sel Fahmi Darmawansyah, narapidana korupsi kasus suap satelit monitoring Bakamla.

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) telah mengungkapkan permintaan maafnya pada masyarakat serta kepada seluruh Indonesia. Pihak Kemenkum HAM menilai bahwa hal tersebut sebagai permasalahan serius dan harus mendapat perhatian secara khusus.

“Kejadian di Sukamiskin kami mohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas kejadian ini,” ucap Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkum HAM Sri Puguh Budi Utami di kantor Kemenkum HAM, pada hari Sabtu (212/7/2018).

Sekalian, Sri Puguh pun meminta maaf pada Jokowi dan Menkum HAM Yasonna Laoly. Yasonna disebutkan bakal menangani perkara tersebut dengan lebih serius dan akan menyampaikan hal tersebut kepada Presiden.

Protes keras juga terdengar dari arah Indonesia Corruption Watch (ICW) yang telah menyampaikan agar Yasonna dicopot dari jabatan Menkum HAM. ICW meragukan komitmen antikorupsi dari Yasonna.

“Sebaiknya Jokowi mengganti Pak Yasonna karena memang, jadi justru performance-nya Jokowi menurun akibat tidak diurus dengan baik. Kan ada isu, soal penajara, kedua revisi undang-undang KUHP,” ucap Peneliti ICW Emerson Yuntho menanggapi sel tahanan mewah Sukamiskin.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply