banner 468x60

Rifath Sharook, Remaja 18 Tahun Pembuat Satelit Terkecil di Dunia

 NEWS, TEKNOLOGI
banner 468x60

Remaja 18 Tahun Asal India Bikin Satelit Terkecil di Dunia untuk Nasa

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Remaja 18 Tahun Asal India Bikin Satelit Terkecil di Dunia untuk Nasa

 

IndoHarian – Seorang remaja India dilaporkan sudah berhasil mengembangkan hasil penemuannya satelit terkecil dan teringan di dunia. Predikat itu bukannya tanpa alasan krn satelit yang di beri nama KalamSat ini memiliki hanya berbobot 64gram.

Satelit ini akan menjadi satelit pertama didunia yang dibuat remaja asal India yang akan dikirimkan ke luar angkasa oleh NASA. Adapun nama KalamSat terinspirasi dari nama ilmuwan nuklir yg juga Presiden India kesebelas, yakni APJ Abdul Kalam.

Sang pengembang, Rifath Sharook yg baru berusia 18 tahun, awalnya menciptakan satelit ini hanya utk mengikuti kompetisi ‘Cubes in Space’ yg diselenggarakan NASA. Program itu bertujuan utk menampilkan teknologi anyar ke luar angkasa.

Namun uniknya, Sharook mengaku membuat satelit terkecil ini dari awal. Remaja India ini menuturkan satelit ini memiliki komputer on-board teranyar dgn delapan sensor asli yg ditanamkan utk mengukur kecepatan, rotasi, dan daya magnet Bumi.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Merinding! Veronica Tan Langsung Menangis Saat Membacakan Surat Dari Ahok
BREAKING NEWS: Kabar Duka, Meninggalnya Pembalap MotoGP Akibat Kecelakaan!!!
BREAKING NEWS: Bom Meledak di Inggris Saat Konser Ariana Grande!!!

 

“Tantangan utamanya adalah mendesain eksperimen yg bisa diterbangkan ke luar angkasa dan cukup dalam kubus dgn luas 4 meter dan memiliki berat 64 gram,” tuturnya seperti dikutip dari Business Standard, pada hari selasa Selasa (23/5/2017).

Lebih lanjut Sharook mengatakan, satelit ini akan terbang dalam wilayah sub-orbital dgn rentang waktu misi sekitar 240 menit. Nantinya, satelit kecil itu akan beroperasi selama kurang lebih 12 menit pada lingkungan micro-gravity di luar angkasa.

Fungsi utama dari satelit ini adalah utk menguji coba performa hasil cetak 3D pada serat karbon. Sebagai informasi, KalamSat merupakan satelit pertama yg dibangun dgn memanfaatkan hasil cetak 3D.

Sementara satelit terkecil ini bukan menjadi temuan pertama Sharook si remaja dari india. Sebelumnya, pada usia 15 tahun dia juga berhasil membangun balon udara helium yg diikutsertakan pada kompetisi nasional di India.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply