sakuratoto

Sakit Maag Saat Puasa? Yuk Ikut Trik Ini Agar Puasa Lancar

 KESEHATAN
Alternatif Link Ligaasiapoker

Sakit Maag Saat Puasa? Tapi Tak Mau Ketinggalan Puasa? Ikut Trik Ini Aja

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

IndoharianSakit Maag Saat Puasa? Yuk Ikut Trik Ini Agar Puasa Lancar

 

Indoharian — Sangat banyak sekali hal yang harus disiapkan dalam menjelang bulan Puasa, dan yang paling utama ialah menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yg sehat pastinya akan mendukung puasa menjadi lebih maksimal, sebab banyak sekali orang sakit maag saat puasa.

Tapi bagaimana jadinya kalau kita mengalami penderita maag & gangguan lambung? Apa berpuasa menjadi suatu hal yg mustahil?

Rupanya, banyak orang yang beranggapan puasa itu adalah terapi yang ampuh untuk meredakan sakit maag lho. Tetapi ada juga yg justru bisa membuat menjadi makin parah.

Hal ini pun disebabkan oleh 2 jenis sakit maag berdasarkan dari penyebabnya. Yuk kenali dulu tipe manakah sakit maag yg sedang kita derita.

Maag Fungsional
Jenis maag yangb satu ini timbul dengan tdk ada gangguan fisik pada lambung. Jadi pemicunya hanya dari luar saja misalnya makanan yg mengandung minyak & cabai, minum kopi, merokok, stress, & minum minuman soda terlalu banyak

Pola makanan yg tak teratur juga bisa menyebabkan gangguan maag yg fungsional akibat gangguan asam lambung yg tak seimbang.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Masjid Lamgugob Dipadati Warga Untuk Melihat Pasangan Homo DiCambuk
Dari 141 Pria Gay Hanya 126 yang Dipulangkan, Karena…
Merinding! Veronica Tan Langsung Menangis Saat Membacakan Surat Dari Ahok

 

Jadi bagaimana kalau sakit maag saat puasa? Nah dengan melakukan puasa seperti di atas, konsumsi makanan di atas lebih terbatasi, baik waktu maupun jenisnya. Hal inilah yg dianggap dapat menyembuhkan maag lantaran pemicunya lebih terkontrolkan.

Maag Organik
Maag organik ini disebabkan oleh adanya gangguan organ, seperti luka dibagian lambung. Sebab kondisi ini, asam lambung maka akan semakin memperparah luka pada lambung dan bisa membuat puasa bisa terhentikan.

Yang pertama apabila luka tsbt disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylor yg menyebabkan borok pada lambung serta usus dan dapat mengakibatkan pada tumor lambung.

Jadi lebih baik berkonsultasilah dulu dgn dokter sebelum ikut puasa.

Sangat dianjurkan juga bagi yang melakukan pemeriksaan melalui endoskopi terlebih dulu sebelum diputuskan boleh berpuasa & tidak.

Bersahabat Dengan Sakit Maag Saat Puasa
1. Gunakan obat maag selama berpuasa.
Obat maag ini bisa membantu menetralkan asam lambung dlm jangka waktu 6 sampai 8 jam, bahkan hingga 24 jam, tergantung dari dosis yg digunakan.
2. Makan makanan yg sehat dan seimbang saat berpuasa.
3. Berbukalah secara terkontrol dgn hidangan manis yang secukupnya. Kemudian sesudah rehat (biasanya salat Magrib), barulah Anda mengonsumsi makanan berat.
4. Makanlah makanan yg bertekstur lebih lembut sehingga aman bagi lambung.
5. Pada saat sahur, jangan langsung tidur & berdiam dlm posisi tidur sebab dikhawatirkan asam lambung dapat naik ke kerongkongan sehingga merasa mual. Anda pun harus duduk terlebih dahulu sehingga makanan lebih lancar meluncur ke lambung.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply