banner 468x60

Sebaiknya Apel Dimakan Tanpa Kulitnya, Kenapa? Ini Penjelasannya

 KESEHATAN, NEWS
banner 468x60

Lebih Baik Apel Dimakan Tanpa Kulitnya Karena Kulit Apel Mengandung Lilin dan Residu Pestisida

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Indoharian – Sebaiknya Apel Dimakan Tanpa Kulitnya, Kenapa? Ini Penjelasannya

 

Indoharian — Memang benar, mengonsumsi apel itu sangat praktis, lantaran tidak perlu memotong ataupun mengolahnya menjadi jus. Walau kandungan serat dalam apel itu terdapat pada kulitnya, tetapi, sebaiknya apel dimakan tanpa kulitnya, karena kulit apel ini banyak mengandung bahan yang tak baik di konsumsi.

“Saya tak menganjurkan orang makan apel itu dengan kulitnya, kecuali pada apel organik,” kata Ahmad Sulaeman selaku Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof. Dalam acara “Jelajah Gizi 2017” di Malang, Jawa Timur, Jumat (13/10/2017).

Ia juga menjelaskan, di dalam kulit apel itu banyak terkandung lilin yg berguna untuk membuat apel tetap terlihat segar dan tidak gampang busuk saat dalam proses pengiriman. Selain itu, kulit apel pun ada mengandung residu pestisida.

Apel dimakan tanpa kulitnya “Terutama pada apel impor, yg ditambahkan bukan satu jenis saja, namun ada lilin dan pestisidanya yang membuat tidak bagus untuk kesehatan,” ucapnya.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Dinilai Menimbulkan Perpecahan, Anies Diminta Berhati-hati Berbicara
Ahmad Dhani Masuk Gerindra Untuk Mendukung Prabowo Jadi Presiden
Ini Alasan Foto Bangkai Badak Menangi Penghargaan Bergengsi Wildlife Photographer

 

Lilin yang terdapat di dalam apel sebenarnya berbeda dgn lilin biasa, karena ini adalah “food grade” sehingga aman dikonsumsi semua usia. Namun saja tidak bagus buat kesehatan bila lama – lama kita konsumsi.

Sementara untuk apel lokal, seperti contohnya apel Malang, dia pun meyakini tidak menggunakan pestiaida dan lilin. tapi, Ahmad tetap menganjurkannya untuk selalu mengupas dulu kulit apelnya sebelum dikonsumsi agar terhindar dari residu pestisida dan juga paparan kuman dari pupuk di tanah.

“Serat apel itu tak hanya di kulit. Selain itu kalau ingin mendapatkan banyak serat maka dianjurkan lebih baik dibuat jus dan jangan apel dimakan tanpa kulitnya,” katanya.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply