banner 468x60

Seorang Pelajar Cetak Uang Palsu, Katanya Terinspirasi Dari Youtube

 KRIMINAL, NEWS
banner 468x60

Seorang Pelajar daerah Kalimantan Timur Cetak Uang Palsu, Katanya Terinspirasi Dari Youtube

 

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Seorang Pelajar Cetak Uang Palsu, Katanya Terinspirasi Dari Youtube


IndoHarian
– DAW (18), salah seorang pelajar kelas XI sebuah sekolah menengah atas di Kabupaten Berau, daerah Kalimantan Timur, mengaku membuat uang palsu sesudah menonton video di YouTube. Terinspirasi Dari Youtube

Ia membeli printer Canon Pixma E460, dan juga kertas HVS F4, hingga tinta berwarna, lalu dirinya mencetak uang palsu berbagai pecahan sampai 100 lembar.

Terinspirasi Dari Youtube “Dia mengaku semua itu dipelajari dari Youtube ada sekitar 5 hingga 7 menit,” ucap Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Kota Berau, Ajun Komisaris Polisi Damus Asa, hari Rabu (5/7/2017).

DAW membeli seperangkat printer dan juga alat tulis itu sehari sebelum driinya beraksi membeli barang dengan uang palsu. Ia kemudian menggandakan uang tersebut dengan printer itu sebanyak 96 lembar, yang terdiri atas 47 lembar pecahan Rp 100.000 dan 49 lembar pecahan Rp 50.000.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Petani Tebu Minta Lindungan Jokowi
Teror Bendera ISIS di Mapolsek Kebayoran Lama, Terdapat Bom Kah?
Gadis Kecil Dirantai Ini Sudah Berlangsung Lima Tahun, Ini Penyebabnya

Ia kemudian membelanjakan uangnya tersebut di warung-warung kelontong. Ia membeli sebungkus rokok, dan juga satu botol minuman ringan, dan parfum. Ia mendapat pengembalian sebesar Rp 258.000 dari membelanjakan uang bikinan sendiri ini.

“Motif pelaku yakni mendapatkan uang asli dengan cara mudah, lewat uang kembalian dari setiap uang yang diduga palsu yang dibelanjakannya,” ucap Damus Asa.

Polisi pun langsung menangkap DAW di Jalan Ajisah II, daerah Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, hari Rabu pagi pukul 09.00 Wita.

“Kita amankan pelaku beserta dengan barang bukti yang untuk mencetak uang palsu itu,” ucap Damus.

Awalnya, pihak polisi menerima laporan dari beberapa pemilik warung kelontong di Berau bahwasanya ada orang yang mengedarkan uang palsu. Polisi segera mengumpulkan keterangan dari banyak saksi di warung demi mendapatkan ciri pelaku.

Petunjuk polisi pun mengarah pada DAW, salah seorang pelajar SMA. DAW tak berkutik kala ditangkap polisi. Ia juga kooperatif menunjukkan tempat dimana pembuatan uang palsu itu.

Rumah kos di daerah Jalan Ajisah II Tanjung Redeb, tempatnya tinggal, merupakan di mana tempat mencetak uang palsu itu. Di dalam kamar kos itu, polisi juga mendapati printer merek Canon, satu rim kertas HVS F4, 2 tinta printer, telepon selular, sebuah pisau pemotong kertas, penggaris, hingga dompet.

Polisi mengamankan semua peralatan tersebut beserta 96 lembar uang palsu dan ada beberapa barang yang dibeli dari warung, seperti ada satu bungkus rokok Umild, satu botol minuman Good Day, dan juga parfum merek Gatsby. Seorang Pelajar Cetak Uang Palsu, Katanya Terinspirasi Dari Youtube

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply