banner 468x60

Setnov Meminta Stop Tragedi Kemanusiaan, Sebab Air Mata Rohingya Adalah Duka Kita Juga

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Setnov: Stop Tragedi Kemanusiaan, Air Mata Rohingya Merupakan Air Mata Kita Juga

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Setnov Meminta Stop Tragedi Kemanusiaan, Sebab Air Mata Rohingya Adalah Duka Kita Juga

 

Indoharian, JAKARTA — Setya Novanto selaku Ketua DPR RI mengatakan, Dunia pantas berduka atas tragedi kemanusiaan yg terjadi kepada etnis Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar. Tragedi ini pun tak ada sangkut pautnya dgn masalah agama, melainkan murni konflik multidimensi. Maka itu Setya Novanto meminta stop tragedi kemanusiaan.

Setnov pun mengatakan, sbg bagian dari komunitas Internasional, Indonesia sudah menunjukkan kepedulian terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan komitmen menjaga perdamaian dunia.

“Saya mengapresiasi langkah cepat Presiden Jokowi dengan mengirim Menteri Luar Negeri Ibu Retno Marsudi ke Myanmar utk melakukan berbagai pertemuan dgn para pejabat terkait di Myanmar,” ucap Setnov, dalam keterangan tertulis, Senin (4/9/2017).

Dalam mendukung langkah diplomasi pemerintah, DPR melalui peran diplomasi parlemen juga tak cuma tinggal diam. DPR pun akan membawa tragedi kemanusiaan Rohingya ini ke dalam World Parliamentary Forum yg diselenggarakan pada 6-7 September di Bali.

“Kita semua berharap akan ada resolusi bersama dari berbagai negara peserta sidang utk mengutuk dan meminta Pemerintah Myanmar untuk tidak menutup mata,” katanya.

Namun tidak menutup kemungkinan DPR pun akan membawa masalah ini kedalam ASEAN Inter Parliamentary Assembly (Majelis Parlemen ASEAN). Nantinya parlemen dari berbagai negara di kawasan ASEAN akan memberikan satu suara yg sama.

Stop tragedi kemanusiaan “Meminta Myanmar sbg bagian dari ASEAN ikut menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di dlm negerinya, sbg bagian dari komitmen menjaga stablitas keamanan dan perdamaian di ASEAN.”

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Presiden PKS Mengecam Keras, Untuk Masalah Rohingya Jangan Ditarik ke Indonesia
Jokowi Minta Hentikan Aksi Kekerasan Rohingya Sekarang Juga!
Sidang Putusan Patrialis Akbar Berlangsung Pada Hari Ini

 

Dewan Keamanan PBB pun telah menunjuk Jaksa Agung Republik Indonesia periode tahun 1999-2001 Marzuki Darusman untuk menjadi Ketua Tim Pencari Fakta PBB utk Myanmar.

Rekomendasi dari tim ini pun nantinya akan diserahkan kepada Dewan HAM PBB utk selanjutnya menjadi bahan masukan bagi PBB dlm mengambil sikap maupun keputusan.

Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, Marzuki Darusman pun ditunjukkan untuk memperlihatkan kepada dunia kalau anak bangsa diakui kiprahnya dlm diplomasi internasional.

“Jadi sangat tdk betul apabila ada anggapan dari berbagai pihak yg menyatakan Indonesia tidak peduli terhadap tragedi kemanusiaan Rohingnya. Malah Indonesia sudah sangat berada di depan,” tegasnya.

Disaat ada sejumlah negara yang menolak pengungsi Rohingnya, Indonesia malah menyambutnya dgn tangan terbuka. Sejak bulan Januari 2017, pemerintah Indonesia sudah mengirim 10 kontainer bantuan makanan, obat-obatan, dan membangun sekolah.

Dibulan oktober nanti, rencananya Indonesia pun akan membangun rumah sakit. Presiden Jokowi juga menginstruksikan Duta Besar kita di Bangladesh utk memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingnya disana.

Mengenai Setnov meminta stop tragedi kemanusiaan. “Semua ini murni sbg solidaritas Bangsa Indonesia terhadap saudara-saudara kita yg tengah menghadapi tragedi kemanusiaan. Solidaritas ini pun melewati sekat-sekat perbedaan negara, mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.”

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply