banner 468x60

Sungai Karang Mumus Akan Menjadi Kebun Binatang Alami, Hanya dengan..

 NEWS, WISATA
banner 468x60

Sungai Karang Mumus Berpotensi Menjadi Kebun Binatang Alami

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Sungai Karang Mumus Berpotensi Menjadi Kebun Binatang Alami

 

IndoHarian – Sungai Karang Mumus di Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), dapat disulap menjadi kebun binatang alami. Hal tersebut dilakukan karena di SKM masih terdapat aneka satwa yg bertahan seperti monyet, bekantan, dan bebeapa jenis burung, biawak, dan satwa lainnya.

“Waktu saya menyusuri SKM (Sungai Karang Mumus) mulai Jembatan Kehewanan sampai ke hulu atau sampai Bendung Benanga pada hari Kamis (25/5), saya kaget karena ternyata ada beberapa aneka satwa yang terlihat,” tutur anggota DPRD Provinsi kalimantan timur Siti Qomariah di Samarinda, Sabtu (27/5).

Menurut dia, masih banyaknya aneka satwa tersebut menggambarkan kawasan hulu Sungai Karang Mumus besarta daerah aliran sungainya paling tidak menjadi arena tempat bermain sekaligus mencari makan bagi para satwa, sehingga hal ini menjadi modal besar utk mengembalikan hunian bagi para satwa. Dia mengemukakan, pohon yg tumbuh di hulu SKM yg jumlahnya masih dapat dihitung dengan jari telah mampu menarik perhatian monyet dan bekantan datang.

“Apalagi jika alam itu dilestarikan, tentu makin banyak lagi satwa yg mendekat karena dulunya lokasi tersebut merupakan rumah bagi para aneka satwa tersebut,” ucapnya.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Hobi Belanja? Coba 6 Tempat Eksotis di Dunia
Ini Pesan Gubernur Bali Tentang Pentingnya Pancalila, Jangan Hanya…
Eat Street MAG Menjadi Surga Para Pencinta Kuliner

 

Bahkan, burung khas Kalimantan seperti enggang juga diyakini dapat kembali jika huniannya atau alamnya kembali dilestarikan seperti sediakala. Untuk itu, dia minta pemerintah setempat dapat melakukan kerja sama dgn berbagai pihak dalam menghijaukan kembali DAS Karang Mumus yg terus dirambah oleh masyarakat, agar sisa yg ada tak habis dan ke depan justru dapat diperluas.

“Kawanan monyet dan kawanan bekantan di hulu Sungai Karang Mumus yg terlihat kemarin, sesungguhnya merupakan modal yang besar bagi kita utk menjadikan daerah tersebut sebagai kebun binatang alami. Caranya gampang, kembalikan saja alam SKM seperti sediakala, pasti banyak aneka satwa menganggap itu adalah rumah mereka,” tuturnya.

Siti Qomariah juga kagum ketika menyusuri hulu SKM dgn perahu melewati deretan pohon yg panjangnya hanya sekitar 200 meter, yaitu di bawah Keinan Kanopi, karena suasana alami betul – betul terasa seperti berada di tengah hutan yg jauh dari pusat kota.

Dia berharap kepada pihak terkait dapat menambah kanopi di hulu Sungai Karang Mumus tersebut, karena keberadaannya dapat memancing minat berbagai jenis satwa bertahan, juga mampu sebagai daya tarik para wisatawan. “Wisata alam dgn satwa alami itu mahal, bahkan sangat amat mahal karena pengunjung biasanya harus menjelajahi perjalanan yang jauh ke hutan. Sedangkan ini kawasannya berada di tengah kota dan sangat mudah dijangkau baik lewat darat maupun melalui sungai, maka Pemkot Samarinda tinggal memolesnya,” ucap Qomay, panggilan akrabnya

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply