banner 468x60

Terkait Penyadapan, KPK Siap DiAudit

 NEWS, POLITIK
banner 468x60

Terkait Penyadapan, KPK Siap Di Audit Ungkap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi yakni Agus Rahardjo

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Terkait Penyadapan, KPK Siap DiAudit

IndoHarian – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi yakni Agus Rahardjo menegaskan bahwa institusinya siap diaudit pihak berwenang, terkait mekanisme penyadapan yang telah dilakukan, dalam rangka transparansi atas kewenangan yang dimiliki KPK dalam menangani tindak pidana korupsi. “Kami sangat siap untuk dilakukan audit terhadap penyadapan tersebut . Apakah kami melakukan penyadapan yang ilegal,KPK Siap DiAudit” ungkap Agus di Jakarta, Selasa (26/9).

Agus juga sempat mengatakan KPK tidak pernah menghalangi jika ada pihak berwenang yang sudah diatur dalam UU, mengaudit seluruh penyadapan yang pernah dilakukan. Menurut dia, Kementerian Komunikasi dan juga Informatika pernah melakukan audit atas penyadapan yang dilakukan oleh KPK, tapi dihentikan seiring dengan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan penyadapan tersebut harus memiliki dasar hukum berupa undang-undang.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Kuasa Hukum Setnov Hadirkan 4 Ahli Pada Sidang Praperadilan Hari Ini
Penjaga Kosan Jadi Pelaku Spesialis Pencurian Kendaraan Bermotor
Kisah Pilu Driver Online, Bawa 2 Anaknya Sambil Terima Orderan

KPK Siap DiAudit “Sebetulnya sampai dua tahun yang lalu, kami selalu diaudit Kominfo. Dari audit ketahuan dasarnya menyadap itu kenapa, dan siapa yang disadap,” tuturnyalagi.

Dia juga sempat menjelaskan penyadapan didasarkan atas sebuah laporan masyarakat dan laporan dengan tingkat data yang lebih rinci, paling cepat ditindaklanjuti oleh KPK. Menurut dia, kebanyakan laporan yang diterima oleh KPK bersumber dari orang-orang dekat dengan orang yang bakal disadap.

Di Sisi lain Komisi III DPR mendesak pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperbaiki tata kelola dan penyimpanan barang rampasan dan benda sitaan terkait tindak pidana korupsi. Hal tersebut merupakan salah satu kesimpulan rapat dengar pendapat Komisi III DPR dengan KPK selama tiga kali dengan terakhir jeda hampir dua pekan lalu. Terkait Penyadapan, KPK Siap DiAudit

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate
 

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply