sakuratoto

Thailand Turun Tangan Ulurkan Bantuan Untuk Rohingya

 NEWS
Iklan Ads

Thailand Turun Tangan Ulurkan Bantuan Untuk Rohingya

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Thailand Turun Tangan Ulurkan Bantuan Untuk Rohingya

IndoHarianBantuan Untuk Rohingya, Kementerian Luar Negeri Thailand sudah mengeluarkan sebuah pernyataan langka terkait krisis yang saat ini sedang berlangsung di negara bagian Rakhine, Myanmar, hari Sabtu (30/9) malam. Thailand selama ini selalu memantau situasi krisis dengan seksama dan juga bersedia memberikan bantuan pada pemerintah Myanmar dan Bangladesh.

Bantuan Untuk Rohingya “Thailand sudah memantau situasi di negara bagian Rakhine dengan seksama. Pemerintah Kerajaan Thailand hingga kini selalu menaruh perhatian besar untuk memberikan perawatan dan juga perlindungan kepada orang-orang sudah terlantar di Myanmar,” begitu pernyataan kementerian tersebut merujuk pada sekitar 100 ribu pengungsi dari Myanmar yang tinggal di sembilan kamp di sepanjang perbatasan Thailand-Myanmar.

Banyak sekali dari penghuni kamp tersebut yakni adalah warga yang tinggal untuk jangka panjang, yang sudah melarikan diri dari konflik di Myanmar beberapa dekade lalu. Menurut organisasi non-pemerintah yang bekerja di sana, tak ada di antara mereka yang merupakan etnis Rohingya.

Pernyataan Kementerian Luar Negeri Thailand tersebut merupakan tanggapan atas pandangan yang sudah diajukan oleh beberapa kelompok hak asasi manusia (HAM) terkait posisi Thailand dalam kerusuhan di Rakhine.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Hakim Sebut Status Tersangka Novanto Oleh KPK Tidak Sah, Ini Alasannya
Jonru Ginting Tersangka, Polisi Acak-acak Rumahnya
Kejar-kejaran Pelaku Narkoba, Motor Petugas BNN Menjadi Korban

Amnesty International minggu lalu menggungkapkan bahwa Thailand tidak boleh mendorong kembali warga Rohingya yang melarikan diri dari tindak kekerasan. Thailand bahkan diminta memberikan sebuah status dan perlindungan hukum formal kepada pengungsi.
Thailand tak mengakui status pengungsi apapun atau mengakui Rohingya sebagai pekerja migran yang sah.

“Sejauh ini, tak ada korban yang terkena sebuah dampak dari kerusuhan Agustus lalu di Negara Rakhine yang sudah ditemukan di Thailand,” ucap Kementerian Luar Negeri Thailand.

Pemerintah Thailand mengungkapkan pihaknya mendukung pernyataan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) terkait dengan isu tersebut. Dalam pernyataan itu, Menteri Luar Negeri ASEAN mengutuk serangan terhadap para pasukan keamanan Myanmar dan semua tindakan kekerasan yang sudah mengakibatkan hilangnya nyawa warga sipil.

Sebelumnya, Thailand yang sudah diperintah oleh militer mengungkapkan angkatan lautnya bakal mendorong pengungsi Rohingya kembali ke laut. Peerawat Saengthong dari Komando Operasi Keamanan Internal, yang saat tersebut diketuai oleh Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha, mengatakan angkatan laut bakal menyediakan makanan dan air untuk kapal-kapal yang belum memasuki perairan Thailand.

tapi jika kapal memasuki perairan Thailand, maka penjaga bakal bertindak sesuai hukum dengan mendorong kapal menjauh. “bila mereka ditemukan di pantai kita musti menahan mereka,” ucap Saengthong. Thailand Turun Tangan Ulurkan Bantuan Untuk Rohingya

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply