Tips Nenen Tak Bengkak Saat Menyusui

Begini Tips Mengatasi Nenen Tak Bengkak Saat Menyusui

IndoHarian – Payudara bengkak yakni adalah sebuah keluhan banyak ibu di mana saat mereka menyusui. Ibu bahkan mengalami sebuah kondisi yang terparah atau disebut mastitis di mana payudara meradang, sehingga kondisi mudah letih, lesu, bahkan bisa sampai demam. ini lah Tips Nenen Tak Bengkak saat menyusui.

Bidan sekaligus pendiri dari Yayasan Bumi Sehat di Bali, yakni Ibu Robin Lim dalam bukunya yang berjudul ‘Bidan Alami’ memberikan sebuah tips untuk mengatasi Tips Nenen Tak Bengkak di masa menyusui. Caranya yakni adalah memanfaatkan jahe.

Langkah yang pertama, parut jahe segar, dan taruh dalam mangkuk, dan tuangkan air panas ke kedalam mangkuk Kedua, rendam kain putih yang bersih di dalam mangkuk untuk membuat kompres panas. yang Ketiga, kompres masing-masing payudara hingga berkali-kali, tapi hindari daerah puting.

“Pastikan buat mengompres area keras yang berasa sakit, seperti di bagian bawah ketiak,” ungkap Ibu Robin.

Keempat, terus lah untuk menghangatkan jahe yang sudah dimemarkan tersebut dengan lebih banyak air panas, kemudian kompreskan selama 30 menit atau lebih. Ulangi langkah tersebut berkali-kali setiap hari sampai daerah payudara tak lagi bengkak.

Tips yang lainnya buat meringankan rasa sakit di daerah puting, ibu dianjurkan menempatkan daun kubis bersih di atas daerah puting. Wanita yang pernah dinobatkan sebagai seorang Tokoh Perubahan Republika 2016 ini sempat menyarankan setiap ibu terus menyusui bayinya meski dalam kondisi yang payudara membesar atau sakit.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Benarkah? Microsoft Luncurkan Surface Book 3 pada 2019
Xiaomi Ingin Menyaingi MacBook! Xiaomi Rilis Notebook Air
Shortcut Rahasia Komputer Yang Bisa Meringankan Pekerjaanmu!

“Ini tak akan membahayakan bayi sama sekali. Justru yang berbahaya itu adalah ibu berhenti untuk menyusui bayi saat payudaranya membesar,” katanya.

Gunakan payudara paling saat di awal menyusui, yaitu saat si kecil amat lapar. Isapan bayi bakal membantu meringankan pembengkakan, sehingga ibu dapat merasa lebih baik, dan ASI juga akan mengalir lebih mudah.

Payudara bengkak bisa jadi juga dipicu oleh kelelahan. Oleh sebabnya ibu dianjurkan agak ikut tidur saat bayinya tertidur.

“Ibu yang kelelahan akan lebih mungkin mengalami pembengkakan payudara,” ungkap Ibu Robin. Tips Nenen Tak Bengkak Saat Menyusui

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *