TNI-Polri Siapkan Pasukan, Wiranto Ikut Turun Tangan

TNI-Polri Siapkan Pasukan, Wiranto Ikut Turun Tangan Mengenai Deklrasi Pemilu 2019

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – TNI-Polri Siapkan Pasukan, Wiranto Ikut Turun Tangan

IndoHarian –  TNI-Polri Siapkan Pasukan Jakarta, Menko Polhukam Wiranto mengatakan Polri dan TNI sudah menggelar pasukan yang cukup untuk mengamankan deklarasi terbuka Pemilu 2019 yang berlangsung pada 23 Maret-13 April 2019.

Hal itu diucapkan usai rapat koordinasi khusus antar pihak yang terkait untuk mementingkan deklarasi terbuka Pemilu 2019 di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/3).

Menurutnya, gelar pasukan itu diyakini dapat mencegah terjadinya prokontra atau konflik antar pendukung peserta Pemilu 2019.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Zulkifli: Pemilu Adalah Perang, Perang Badar Apa Perang Total ?
Caleg Jual Wanita Prostitusi, Hanya Rp 400 Ribu
Prabowo Di Ejek Emosi, Mau Dekat Rakyat Jangan di Atas Mobil !!!

TNI-Polri Siapkan Pasukan – pasukan yang cukup untuk dapat mengantisipasi terjadinya gesekan-gesekan massa yang kemudian mengakibatkan konflik,” katanya Wiranto.

Wiranto mengatakan rasio personil yang disiapkan Polri dan TNI untuk mementingkan pemilu diyakini cukup untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan gangguan keamanan.

Akan tetapi, Wiranto tidak menyebutkan total personil yang disiapkan oleh TNI dan Polri di sisa waktu menuju pencoblosan pada 17 April 2019.

Meskipun sudah ada gelar pasukan, Wiranto meminta partai politik hingga relawan di tingkat pusat dan daerah untuk turut ikut serta mencegah terjadinya konflik.

Ia mengatakan keamanan dalam pemilu bukan hanya tanggung jawab pemegang kepentingan penyelenggara pemilu dan pemerintah.

“(Keamanan) betul-betul kerja bersama antara masyarakat, pemilih, parpol, kontestan, dan timnya untuk bersama-sama mengikuti apa yang telah ditentukan oleh penyelenggara pemilu,” katanya.

Di sisi lain, Wiranto menyampaikan KPU dan Bawaslu sudah membuat zonasi kampanye terbuka. Menurutnya, zonasi itu di buat agar deklarasi terbuka yang dilakukan oleh seluruh kontestan tidak berada di satu lokasi dan waktu yang sama.

“Sehingga tidak dimungkinkan adanya tabrakan massa yang sedang berdeklarasi yang mendukung kontestan-kontestan itu, baik capres-cawapres maupun caleg-caleg itu,” kata Wiranto.

Wiranto mengatakan kerusuhan besar tidak akan terjadi mendekati dan usai Pemilu 2019. Hal itu menanggapi isu yang mengatakan akan terjadi kerusuhan sebelum dan sesudah pemilu.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengatakan, saat ini perdebatan soal politik menjelang Pemilu 2019 cenderung memanas di media sosial. Namun, kata Wiranto, kericuhan di media sosial tidak berlanjut ke perdebatan di lapangan secara langsung.

Artikel ini telah tayang di IndoHarian dengan judul “Pendapat Wiranto, Ruang Politik Memanas di Medsos, di Lapangan TNI-Polri Siapkan Pasukan
Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *