sakuratoto

Trump Mengancam RI, Ini Penyebab Utamanya!!

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Trump Mengancam RI Akan Mencabut GPS Yang Diberikan Untuk 124 Produk Indonesia

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoHarian – Trump Mengancam RI, Ini Penyebab Utamanya!!

 

IndoHarian – Trump mengancam RI dengan mengenakan tarif bea masuk kepada 124 produk asal Indonesia. Padahal Indonesia sendiri merupakan salah salah satu negara Generalized Sisytem of Preference (GPS) untuk pemerintah AS.

Negara GPS yaitu negara yang diberikan fasilitas keringanan bea masuk dari negara maju pada produk-produk ekspor daru negara berkembang atau juga miskin.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memberi tanggapan dingin atas masalah pengenaan bea masuk tersebut. Menurut dirinya, Amerika Serikat melakukan rencana itu sebab melihat neraca perdagangan Indonesia yang terus surplus beberapa waktu belakangan.

“Ya tidak apa-apa. Soalnya kita sudah menang lawan (surplus) Amerika jadi dia review kita,” ucap Menteri Airlangga saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, pada hari Jumat (6/7/2018).

Alasan dari pengenaan bea masuk terhadap 124 produk tersebut sebab Amerika menginginkan perbaikan defisit perdagangan terhadap Indonesia. Produk yang paling banyak diekspor pada Amerika Serikat yaitu frozen food (makanan beku) juga kertas.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Jajaki Koalisi, Prabowo Bertemu Dengan SBY
Perekonomian China Menurun, Jokowi Kumpulkan Bupati!!
Zulkifli Temui SBY, Ini Yang di Bicarakan

 

“(124 di-review) sama seperti Indonesia, mereka juga ingin mengurangi trade difisit. Ya produk kita ke sana seperti frozen food dan sebagainya, kertas juga kena juga,” terangnya.

Menteri Airlangga menambahkan bahwa pemerintah bakal berupaya untuk mengantisipasi akibat dari kebijakan perang dagang dari Amerika Serikat kepada Indonesia. Mengingat Amerika Serikat mempunyai begitu banyak kepentingan ekonomi dengan Indonesia.

“Tentu kita cari prodak baru dan tentu dalam tanda petik kita akan cari langkah berikutnya. Kita harus antisipasi. Nah kan banyak sebetulnya kepentingan ekonomi Amerika Serikat di Indonesia,” tutupnya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengunkanpkan bahwa Trump mengancam RI dengan mencabut GSP (Generalized System of Preferences) produk tekstil Indonesia.

“GSP memang untuk tekstil sudah ditarik dari Januari lalu. Jadi memang AS menerapkan itu tidak hanya ke China, tapi semua negara yang dia defisit, termasuk Indonesia. Jadi memang ini tantangan ke kita. Yang saya tau tekstil ya, tekstil sudah dicabut GSP-nya,” ucapnya di Kantor APINDO, Jakarta, pada hari Kamis (5/7/2018).

Dia menerangkan bahwa Trump akan mencabut GSP yang ada pada negara yang mengalami defisit neraca perdagangan. “Memang secara keseluruhan Trump melihatnya yang dia defisit dipotong saja semuanya. Mudah-mudahan tidak sampai kesana ya,” terang dia.

Trump mengancam RI akan mencabut GPS yang telah diberikan Amerika.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply