banner 468x60

Tur Ke Jepang Trump Tebar Isu Korut

 ARTIS, ENTERTAINMENT, NEWS
banner 468x60

Tur Ke Jepang Presiden Amerika Serikat Trump Tebar Isu Korut

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Tur Ke Jepang Trump Tebar Isu Korut

IndoHarain – Trump Tebar Isu, Presiden Amerika Serikat (AS) yakni Donald Trump meningkatkan sebuah tekanan kepada Korea Utara (Korut), hari Senin (6/11). Ia pun menolak buat mengesampingkan aksi militer terhadap negara tersebut. Menurut dirinya , AS tidak akan berdiam diri melihat Pyongyang membahayakan Amerika atau bahkan sekutu-sekutunya di Asia.

Dalam kunjungannya yang pertama dari paket lawatan kali ini, Trump pun menyebut Korut sebagai sebuah”ancaman bagi dunia yang beradab”. Meski ia berada di wilayah yang ada di dalam jangkauan rudal Korut, Trump terlihat enggan memperhalus kecamannya.

“Ada orang yang mengatakan, retorika saya ini mungkin keras, namun lihat apa terjadi akibat retorika lemah di dalam 25 tahun terakhir,” tutur Trump yang berdiri di samping Perdana Menteri Jepang yakni Shinzo Abe, Senin.

Trump Tebar Isu , Abe juga setuju dengan ada pendapat Trump, bahwa semua pilihan aksi masih terbuka bila berurusan dengan Kim Jong-un. Bagi pemerintahan Abe, kunjungan Trump ini seolah menegaskan sikap dan komitmen AS buat membela Jepang secara total terkait ketegangan dengan Korut.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Penyidik Sebut Adanya Indikasi Korupsi Reklamasi Jakarta, Bernilai…
Begini Kata Sandi, Terkait Prostitusi Di Tanah Abang
Begini Yang Dikatakan PDI-P Saat Jokowi-SBY Bertemu Lagi

Trump juga menganjurkan Jepang untuk membeli peralatan militer buatan Amerika untuk melindungi diri dari ancaman Korut. Trump ingin Jepang menembak jatuh rudal Korut yang melewati wilayahnya dan mengatakan negara tersebut harus bisa melindungi diri.

“Dia akan menembak rudal itu keluar dari langit setelah dia melakukan pembelian banyak peralatan militer dari Amerika Serikat. Perdana Menteri Jepang akan membeli sejumlah besar peralatan militer, seperti seharusnya,” ujar Trump, seperti dikutip CNN.

Trump menyatakan selalu mendukung Jepang sebagai sekutu dekatnya dalam melawan ancaman Korut. Dalam kesempatan yang sama, PM Abe mengatakan, ia mendukung keputusan Trump dan akan bekerja sama sepenuhnya.

“Era kesabaran strategis telah berakhir, dan kedua negara akan bekerja untuk melawan agresi berbahaya rezim Korea Utara,” ujar Trump.

Sebelumnya, ia mengaku siap untuk duduk dan berdialog dengan pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un walau ia menilai hal itu terlalu dini untuk dibicarakan saat ini. “Saya berpikir ini kekuatan atau kelemahan. Saya pikir duduk bersama orang bukanlah hal yang buruk,” kata Trump kepada Sharyl Attkisson, wartawan sekaligus pembawa acara \”Full Measure TV\”, seperti dikutip laman the Guardian, Ahad (5/11).

Trump pun tak menutup kemungkinan dirinya bakal duduk bersama Kim Jong-un suatu saat nanti guna membahas program nuklir dan rudal Pyongyang.

“Jadi, saya pasti bakal terbuka untuk melakukan hal tersebut (duduk bersama Kim Jong-un). tapi , kita bakal melihat ke mana arahnya. Saya pikir kita terlalu cepat membahas hal ini,” ungkapnya.

Trump saat ini sedang melakukan tur kenegaraan 12 hari ke negara-negara Asia. sekarang ini, dia berada di Jepang. Kunjungannya ke Negeri Matahari Terbit dimanfaatkan guna membahas sejumlah isu, termasuk isu nuklir Korut bersama dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Washington pun akan bekerja sama dengan Tokyo buat menyelesaikan masalah perdagangan antara negara perekonomian terbesar pertama dan juga ketiga di dunia. Trump bersumpah bakal mendorong kemitraan perdagangan yang bebas dan juga berimbang dengan Jepang sesudah berpuluh-puluh tahun mengalami defisit perdagangan besar-besaran.

Seusai dalam kunjungannya ke Jepang, Trump bakal melanjutkan perjalanannya ke negara Korea Selatan pada 7-8 November. Dia bakal bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in dan juga mendiskusikan beberapa isu, termasuk yang terutama adalah perihal Korut.

Pada tanggal 8-10 November, Trump bakal berada di Cina untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping. Isu Korut dan juga perdagangan akan menjadi pembahasan kedua pemimpin tersebut. sesudah itu, Trump bakal menghadiri Asia Pasific Economic Cooperation Economic Leaders di Vietnam pada tanggal 10-12 November.

Tur Asia Trump bakal diakhiri dengan mengunjungi Filipina pada tanggal 12-13 November. Selain dalam menghadiri acara peringatan 40 tahun hubungan AS dengan ASEAN, Trump pun akan menggelar pertemuan dengan Presiden Filipina yakni Rodrigo Duterte. n reuters. Tur Ke Jepang Trump Tebar Isu Korut 

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply