sakuratoto

Uji Coba Jaringan 5G Di Kota Tua, Begini Kecepatannya!

 NEWS, TEKNOLOGI
Iklan Ads

Uji Coba Jaringan 5G Di Kota Tua, Kecepatan Jaringan 5G Mecapai 10 Kali Lipat Dari 4G

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

IndoharianUji Coba Jaringan 5G Di Kota Tua, Begini Kecepatannya!

 

Indoharian – Kemeterian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, dan XL Axiaa menggelar uji coba jaringan 5G bersama di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Di dalam kawasan wisata ini, pengunjung bisa sangat merasakan uji coba langsung kecepatan internet 5G hingga 1GB/s. CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan dengan kecepatan 5G dan kapasitas yang juga jauh lebih besar, pengguna bisa melakukan hal-hal yang bersifat otomatisasi.

“Dengan uji coba jaringan 5G, bisa mentransfer data sangat besar dengan waktu yang sangat singkat. Layaknya tol tanpa hambatan,” kata Dian.

Jika kecepatan jaringan 4G di Indonesia saat ini ada di perkiraan angka 4-12 MB/s, berarti layanan 5G yang di klaim oleh XL bisa 10 kali lebih cepat dari rata-rata kecepatan internet yang bisa kita nikmati sekarang ini.

Lebih jauh lagi Dian Menmbahkan, penerapan teknologi ini juga dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan layanan ke hadapan publik, salah satunya DKI Jakarta. Pemanfaatan 5G diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan efisiensi sistem pemerintahan yang nantinya akan berpengaruh terhadap masyarakat.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Djoko Ketua Timses Prabowo? Begini Kata Zulhas!
Ridwan Kamil Blak-Blakan Tentang Hal Ini!
Sandi Mengajak Mahfud MD Gabung Timses? Begini Kata Mahfud!

 

Kepala Smart City DKI Jakarta Setianji pun mengatakan jaringan 5G dapat disinkronisasikan dengan Jakarta Smart City. Masalahnya, penduduk DKI Jakarta sekarang ini mencapai 10,3 juta. Sehingga 5G dapat dialokasikan untuk Smart City dan juga mengatasi permasalah di Jakarta.

“kami juga sedang menyusun masterplan smarcity dan dengan 5G diharapkan bisa mendukung smartcity itu,” tambah Setiaji.

Dia pun juga berharap uji coba 5G dapat di perluas ke lokasi daerah wisata lainnya. Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusunya yaitu 28 Ghz. Sementara dari itu untuk WiGig menggunakan frekuensi 60Ghz.

Selain dari itu juga untuk 5G di pergunakan di perangkan end-to-end radio dan core yang terhubung ke perangkat pengguna juga.

Sedangkan untuk sistem WiGig juga menggunakan end-to-end system yang terhubung ke perangkat home unit sehingga masyarakat umum di kota tua bisa langsung menikmati layanan internet cepat secara gratis.

Sementara dari itu untuk layanan umum, uji coba 5G akan melibatkan beberapa implementasi seperti demo pengelolaan sampah dan pengelolaan kebersihan lingkungan.

Standar untuk kecepatan 5G sendiri belum dapat ditetapkan oleh ITU. Setiap perusahan pembuat perangkat telekomunikasi mengkalim kecepatan 5G yang sangat berbeda, uji coba jaringan 5G dengan kecepatan 5G yang bisa mereka sediakan berkisar antara 3,6-20 GB/s.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

One Response

  1. ceme99September 10, 2018 at 8:55 pmReply

    Info yang sangat menarik, terus update terbaru ya

Leave a Reply