sakuratoto

Wajib Cicip!!! Rujak Unik Khas Cirebon Ini

 KULINER, NEWS
Alternatif Link Ligaasiapoker

Rujak Unik Khas Cirebon Milik Ibu Sriningsih Ini Berbeda Dengan Rujak Pada Umumnya

Alam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kulinerAlam dan Entertainment News, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Foto, Indoharian, kesehatan, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Ulasan Teknologi, Video, news, kesehatan, teknologi, kriminal, wisata, olahraga, otomotif, aktor, aktris, kuliner

Indoharian – Wajib Cicip!!! Rujak Unik Khas Cirebon Ini

 

IndoharianRujak Unik Khas Cirebon yang berasal di Kota Direbon, namun rujak ini bukan menggunakan saus kacang ulek seperti rujak pada umumnya.

Rujak khas Cirebon ini bernama rujak donggala ini mirip asinan, di dalamnya merupakan campuran manisan buah dan asinan sayur, aneka manisan seperti kedondong, pepaya muda, mangga muda dan bengkuang menjadi isian utamanya.

Rujak donggala ini juga di lengkapi dengan sayuran seperti sawi asin, kol, tauge, mentimun, yang menambah lengkap serat yang terkandung.

Semua buah di jadikan manisan terlebih dahulu, dengan cara di rendam air gula, sedangkan sayuran di buat menjadi asinan, dengan di rendam air garam dan air kelapa.

Keduanya di guyur air gula merah sebagai kuahnya, lalu di taburi kacang goren dan bubuk cabai sebagai pelengkap.

Jika asinan Bogor menggunakan cuka cabai, sehingga berwarna merah, asinan Cirebon ini berwarna cokelat karena hanya menggunakan gula merah.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Jokowi Sampaikan Dukacita Atas Insiden KM Sinar Bangun
Pesan Idul Fitri Muhaimin, Ini Pesannya
Oohhh… Rupanya Karena Ini, Di Danau Toba Lalin Kapal Dihentikan

 

Pemilik Rujak Unik Khas Cirebon ini bernama Ibu Sriningsih, di Jalan Winaon, Pasar Kanoman, tepat di samping Klenteng Boen San Tong.

Rujak donggala ini terasa manis bercampur pedas tipis dan sangat menyegarkan di tengah teriknya Kota Cirebon, sayur kol terasa asin saat di kunyah, tetapi pepayah dan kedondong mengimbanginya dengan rasa manis.

“Daun kol asinnya ini di cuci dengan garam dan di rendam dengan menggunakan air kelapa agar gurih, menutupi rasa pahitnya,” ungkap Dini, pewaris generasi ketiga usaha rujak ini.

Jika kuah rujak ini terasa kurang pedas, anda juga dapat menambah bubuk cabe, dengan menaburkannya di atasnya sebagai pelengkap.

Segarnya rujak ini bisa di dapatkan di beberapa pasar tradisional Cirebon, salah satunya Pasar Pagi dan Pasar Kanoman, Rujak Unik Khas Cirebon Ibu Sriningsih ini juga di dijadikan oleh – oleh, karena awet hingga dua hari berada di luar lemari.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply