banner 468x60

Waktu Yang Tepat Untuk Ajari Anak Cara Berpuasa, Begini Saran Dokter

 NEWS
banner 468x60

Mau Tahu Waktu Yang Tepat Untuk Ajari Anak Cara Berpuasa?? Begini Caranya

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Waktu Yang Tepat Untuk Ajari Anak Cara Berpuasa, Begini Saran Dokter

 

Indoharian — Puasa yang sebenarnya itu bukan hanya menahan lapar saja, tetapi melainkan juga menahan emosi dan hawa nafsu. Puasa di bulan Ramadan ini sangat diwajibkan utk seluruh umat beragama Muslim, maka dari ikut kita harus ajari anak cara berpuasa yang benar.

Itulah yg membuat setiap para orang tua ingin memulai mengajarkan anaknya cara berpuasa yang benar.

Lalu kapankah anak Anda baru mulai bisa belajar berpuasa dengan benar?
Menurut dari dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A (K)., kepada seorang anak sudah boleh ikut menjalankan ibadah puasa pada saat ia sudah benar – benar mengetahui makna dari puasa itu sendiri.

“Saat dia sudah paham tentang menjalankan berpuasa maka dia pun sudah bisa mulai belajar berpuasa. Anak yg sudah berusia 3 tahun mungkin sudah bisa diajarkan cara berpuasa, tapi tak secara mentalitasnya,” ujar Rinawati pada saat ditemui di RSCM, Salemba, Jakarta Pusat.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Viral, Kedapatan Sekeluarga Masuk Kokpit Saat Pesawat Sedang Terbang
Waduh! Menjadi Viral di Medsos, Ini Pesan Rhoma Kepada Ahokers
Mantan Brimob Ini Diguda Pelaku Bom Kampung Melayu

 

Jadi apabila berbicara tentang kapan idealnya, Rinawati pun menyarankan kepada seluruh orangtua utk bisa mulai mengajarkan puasa pada saat anak sudah duduk di bangku SD yg sudah mulai bisa diberi pengertian tentang makna puasa yang benar, jadi anak yang di ajari anak cara berpuasa itu pun bisa paham.

Lalu, sambung Rinawati, apabila dilihat dari segi kemampuan fisik seorang anak berpuasa, waktu yg tepat untuk anak melakukan puasa adalah ketika ia sudah berusia 5 sampai 6 tahun.

Supaya anak tdk kaget dgn puasa, cobalah kita menyuruh anak untuk ikut berpuasa setengah hari dulu dan ajari anak anda berpuasa secara bertahap dahulu.

“Idealnya, anak sejak SD sudah boleh ajari anak cara berpuasa tetapi jangan langsung menyuruhnya full dalam puasa. harus dengan bertahap juga sambil melihat kemampuan anak. Dan tidak perlu khawatir, apabila anak-anak memiliki kondisi yg sehat, puasa tak akan membuat kesehatannya terganggu,” ucapnya.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply