banner 468x60

Waspada!!! Hacker DarkHotel Menyusupi Malware ke WiFi Hotel

 NEWS, TEKNOLOGI
banner 468x60

Hacker DarkHotel Menyusupi Malware ke WiFi Hotel, Dengan Cara Tipuan Phising dan Teknik

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Hacker DarkHotel Menyusupi Malware ke WiFi Hotel, Dengan Cara Tipuan Phising dan Teknik

 

IndoHarian – Setiap hotel kini memberikan sebuah fasilitas akses WiFi secara gratis kepada para pengunjungnya. Tapi sekarang Anda perlu waspada, karena para hacker mulai menyusupi malware ke WiFi hotel.

Seperti dikutip dari ZDNet, pada hari Selasa (24/7/2017), grup hacker DarkHotel yang sudah aktif lebih dari sepuluh tahun membawa ancaman malware baru. Mereka menargetkan para tamu – tamu terpilih yang menginap di hotel mewah, mulai dari orang – oran kaya, target politik sampai para petinggi perusahaan.

Serangan dilakukan secara bertahap. Pertama, para hacker coba menguasi jaringan WiFi hotel. Caranya dengan memanfaatkan kerentanan pada software server atau memperoleh akses fisik ke infrastruktur hotel.

Usai itu, para hacker menggunakan serangkaian tipuan phising dan teknik sosial lainnya untuk menginfeksi komputer yang disasarkan dengan malware ke WiFi hotel.

Malware tersebut bernama Inexsmar. Supaya mengelabui korban, email tersebut dibuat menarik dan menyakinkan para target. Jadi bukan serangan phising massal seperti yang pada umum terjadi.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Glodok Mulai Sepi, ITC Roxy Mas Tetap Berjaya, Ini Alasannya
Mengejutkan!! Ini Alasan Sebenarnya Kapolri Tito Tetap Memblokir Telegram
Ini Alasan Menkominfo Ambil Langkah Tegas Pemblokiran Telegram

 

“Para hacker membuat email phishing dengan begitu hati – hati yang ditujukan untuk satu orang pada satu waktu,” ucap Bogdan Botezatu, Analis Senior e-threat Bitdefender.

Email tersebut turut serta dilengkapi dengan halaman arsip self-extracting yang akan memulai download Trojan. Supaya tidak terdeteksi korban, malware mendownload dalam beberapa tahapan.

Aksi kelompok Dark Hotel dinilai Botezatu cukup dibilang lihai karena mampu menutupi jejak dengan begitu baik. Ini membuat para periset keamanan cyber tak mengetahui siapa mereka dan apa yang jadi niat para hacker.

Mengingat kompleksitas serangan tersebut, para riset tak bisa mengesampingkan kemungkinan para hacker disponsori oleh sebuah lembaga negara. Hacker DarkHotel Menyusupi Malware ke WiFi Hotel, Dengan Cara Tipuan Phising dan Teknik.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply