sakuratoto

Waspadalah!! Ransomware Menyerang Jangan Langsung Nyalakan Komputer

 NEWS, TEKNOLOGI
Iklan Ads

Ransomware Menyerang Jangan Langsung Nyalakan Komputer Di Karnakan Ransomware WannaCry Dapat Menginfeksi Komputer Dengan Mudah

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Waspadalah!! Ransomware Menyerang Jangan Langsung Nyalakan Komputer

IndoHarian – Sebuah virus Ransomware Menyerang beberapa rumah sakit di negara Indonesia. Program jahat yang bernama WannaCry itu mengunci sistem komputer di rumah sakit sehingga data di dalamnya tak bisa diakses. Akibatnya, layanan medis pun menjadi terganggu.

Ransomware yang sama juga sudah menyerang setidaknya 16 rumah sakit di negara Inggris dan sudah menyebar luas ke 99 negara dalam waktu hanya kurang dari dua hari semenjak hari Jumat kemarin. Potensi penyebarannya pun hingga kini masih ada.

Direktur Jenderal Aplikasi dan juga Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika yakni Semuel Abrijani Pangarepan menyatakan bahwa kekhawatiran bahwa sistem komputer di institusi-institusi lain di negara Indonesia dapat terjangkit ransomware WannaCry tanpa disadari.

Ransomware Menyerang “Ini kan libur panjang malam minggu, beberapa kantor ada yang tutup sampai Senin depan. Takutnya begitu di nyalakan PC mereka terinfeksi sampai (ransomware WannaCry) masuk ke jaringan,” tutur Semuel kepada indoharian hari minggu (14/5/2017).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
DiTolak Masuk Manado, Fahri Hamzah Akhirnya Pulang
Veronica Koman Dipolisikan karena
Pengamat Hukum Sebut Tidak Seharusnya Ahok Ditahan Usai Vonis

saat dihubungi, Semuel mengaku baru saja melakukan sebuah inspeksi ke rumah sakit yang terserang WannaCry di negara Indonesia.

Dia mengungkapkan Kemenkominfo sedang mengupayakan solusi buat sistem komputer yang terlanjur terkunci. Pemerintah bekerja sama dengan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure atau (Id-SIRTII) guna merumuskan langkah pencegahan penyebaran virus ransomware WannaCry.

Secara terpisah, yakni Ketua Id-SIRTII M. Salahuddin mengimbau pengguna komputer perorangan dan juga kantoran untuk tidak langsung menyalakan komputer bergitu saja di hari Senin (15/5/2017) besok.

Ini di karnakan ransomware WannaCry dapat menginfeksi komputer dengan mudah tanpa diketahui, dan tak membutuhkan campur tangan pengguna seperti pada teknik phising. Begitu satu komputer terinteksi, maka semua komputer-komputer lain dalam jaringan kantor dapat langsung ikut terjangkit.

Hari Senin, kantor kan pada buka, mohon diwaspadai supaya jangan terhubung ke LAN (local area network, jaringan kantor) dulu,” tutur pria yang kerap disapa Didin ini melalui pesan singkat

WannaCry merupakan sebuah ransomware yang dibuat dengan memanfaatkan tool senjata cyber milik dari dinas intel Amerika Serikat, NSA, yang pada bulan April lalu dicuri dan dibocorkan oleh sekelompok hacker Shadow Broker. Waspadalah!! Ransomware Menyerang Jangan Langsung Nyalakan Komputer

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply