Keren!! Pada Masa Pandemi, Pemprov Sediakan Jalur Sepeda

562 views
Mantratoto

Pada Masa PSBB Transisi, Pemprov Sediakan Jalur Sepeda Di Sudirman-Thamrin

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Pemprov Sediakan Jalur Sepeda

Indoharian – Keren!! Pada Masa Pandemi, Pemprov Sediakan Jalur Sepeda

INDOHARIAN.COM – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan bersama Direktorat lalu lintas polda metro jaya, pemprov sediakan jalur sepeda sementara pada sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. Agar kedua arah jalan itu kurang lebih ada sepanjang 14 kilometer.

Virus Corona atau Covid-19 yang tersebar luas di Indonesia kini mengakibatkan aktivitas terhenti sejak Maret yang lalu. Melihat kondisi itu masyarakat mulai lengah dan merasa membutuhkan udara segar. Berolahraga memakai sepeda menjadi salah satu pilihan, terlihat sampai kini banyak pesepeda yang ditemukan.

Menurut hasil observasi Institute for Transportation & Development Policy (ITDP), jumlah pesepeda pada Sudirman serta Thamrin kini telah meningkat 1.000 persen dibanding sebelum pandemik.

Sempat ditemukan pada media sosial bahwa pesepeda terkadang mengambil jalur kendaraan bermotor. Pasalnya, kini jalur khusus sepeda dapat dibilang masih minim.

Melihat tren tersebut Pemerintah Provinsi dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta mendukung dengan membangun jalur sepeda sementara. Kerennya pemprov sediakan jalur sepeda, ‘jalan tol’ sepeda dari Bundaran Senayan hingga Sarinah ini terproteksi. Jalur paling kiri diambil alih menjadi lajur khusus dan diberi pembatas.

Tak hanya jalan tol, para pesepeda juga akan memiliki fasilitas parkir. Nantinya akan ada banyak titik parkir sepeda di sepanjang koridor Sudirman-Thamrin. Dukung pemprov juga ditumpahkan dalam Peraturan Gubernur. Pergub 51 Tahun 2020 mendorong semua fasilitas publik untuk menyediakan parkir sepeda.

Dia menyebut jalur sepeda sementara itu akan dibatasi menggunakan traffic cone. Sebab jalur ini hanya disiapkan saat pelaksanaan pembatas sosial berskala besar (PSBB) masa transisi.

”Kita fokus pada jalan Sudirman-Thamrin untuk penyediaan jalur sepeda sementara. Tentu sementara kita atasi dengan traffic cone ditambah ada beberapa rambu yang menunjukkan jalur sepeda,” kata Syafrin di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Glory i-Auto resmi diluncurkan
Juventus beli Arkadiusz
Main TikTok Berujung Maut

Dia menyatakan traffic cone digunakan untuk pemisah jalur sepeda dengan jalur kendaraan bermotor. Sebab jalur sepeda sementara tersebut berada di jalur lalu lintas.

Syafrin mengatakan sebelumnya memang di design bersama jalur pejalan kaki di trotoar Jalan Sudirman-Thamrin. Pemisahan itu guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

”Otomatis saat terjadi peningkatan volume angkutan umum maka segera ada pejalan kaki pada sepanjang trotoar. Kita tak inginkan papasan antara pesepeda dengan pejalan kaki tersebut jadi potensi penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Akan Dievaluasi

Sedangkan hal itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengumumkan jalur sepeda sementara tersebut segera dievaluasi kembali sesudah berakhirnya masa PSBB transisi di DKI Jakarta.

Pemprov sediakan jalur sepeda, Jadi hal tersebut memang tidak permanen. Bisa saja setela PSBB selesai, pandemi ini selesai, kita akan evaluasi apakah jalur sepeda ini masih dibutuhkan atau tidak,” jelasnya.

Sumber: Liputan6.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Pemprov Sediakan Jalur Sepeda Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply